6 Manfaat Buah-buahan bagi Tubuh

Image title
10 Oktober 2022, 20:53
Manfaat buah-buahan bagi tubuh
freepik.com
Ilustrasi, buah-buahan segar.

Sayuran hijau dikenal sebagai sumber makanan paling bergizi. Akan tetapi, bahan pangan lain seperti buah-buahan misalnya menyimpan ragam manfaat yang baik bagi tubuh.

Manfaat buah-buahan bagi tubuh berasal dari kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineralnya. Bahkan ada juga buah yang tinggi serat, sehingga sangat cocok di masukan ke dalam menu diet harian.

Sebagian besar buah-buahan merupakan sumber antioksidan terbaik. Senyawa ini sangat diperlukan oleh tubuh sebagai pelindung dari radikal bebas berbahaya.

Mengkonsumsi buah-buahan secara teratur juga dapat memelihara organ tubuh. Dibarengi dengan pola makan yang baik, maka manfaat buah-buahan bagi tubuh akan dirasakan lebih cepat.

Ada banyak sekali keuntungan dan manfaat buah-buahan bagi tubuh. Tidak hanya menyehatkan, konsumsi buah membantu menjaga kebugaran dan meningkatkan metabolisme.

Apa saja manfaat yang diperoleh jika menyantap buah-buahan segar setiap hari? Berikut rangkuman pembahasannya.

Manfaat Buah-buahan Bagi Tubuh Manusia

Memakan beberapa jenis buah dalam jumlah yang pas, merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan sekaligus menghindarkan tubuh dari risiko berbagai penyakit.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di tahun 2014, buah dan sayuran dinobatkan sebagai sumber makanan dengan kepadatan nutrisi paling tinggi, namun kandungan kalorinya sangat rendah.

Berdasarkan alasan di atas, konsumsi buah-buahan segar sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisi setiap hari. Menurut badan kesehatan dunia atau WHO, seseorang dianjurkan menyantap buah dan sayur 400 gram per hari agar tubuhnya tetap sehat.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini merupakan manfaat buah-buahan bagi tubuh jika Anda rutin memakannya secara teratur:

1. Menjadi Sumber Asupan Vitamin Terbaik

Kandungan vitamin dari buah-buahan segar sangat mengesankan. Hal ini menjadi alasan mengapa masyarakat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah setiap hari.

Menurut MyPlate, orang yang rajin makan buah memiliki penurunan risiko beberapa penyakit kronis. Buah-buahan memberikan nutrisi penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh.

Anda tidak akan menemukan sumber nutrisi yang bagus untuk tubuh selain pada buah dan sayuran. Hampir semua jenis buah-buahan menyediakan vitamin A, B, C, dan E. 

Sebagian besar nutrisi di dalam buah-buahan segar merupakan antioksidan. Sebagai contoh Anda dapat mengkonsumsi blueberry, buah yang memiliki antioksidan tinggi.

Menurut laman National Institutes of Healths, blueberry memiliki hingga 9,2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...