5 Cara Merawat Kucing Persia agar Tetap Sehat

Destiara Anggita Putri
11 Oktober 2022, 14:04
Cara Merawat Kucing Persia
Unsplash
Ilustrasi, kucing persia.

Kucing persia pada umumnya memiliki wajah bulat, tubuh tambun, da hidung pesek. Tidak hanya itu, kucing ini juga terkenal akan sifatnya yang manja, lembut dan tenang.  Maka tidak heran jika kucing persia menjadi salah satu jenis kucing populer dan menjadi incaran banyak orang untuk dijadikan peliharaan 

Terlepas dari keunikannya, memelihara kucing persia tidaklah mudah. Alasannya adalah  kucing ini memiliki bulu yang panjang dan lebat sehingga memerlukan cara khusus untuk merawatnya.  

Advertisement

Bila Anda ingin memelihara kucing ini, simak lima  cara merawat kucing persia di bawah ini.

1. Beri Makanan yang Sehat dan Bergizi

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda selalu memberikan kucing persia Anda makanan yang  sehat dan bergizi. Anda perlu mengetahui bahwa kucing persia menyukai makanan berprotein. Tidak hanya itu, Kucing persia juga membutuhkan protein tiga kali lipat dari omnivora.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan kucing persia Anda mendapatkan asupan makanan hewani agar tetap sehat dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Beberapa makanan yang bisa Anda berikan antara lain

  • Daging asli yang telah direbus dan dicincang halus seperti daging ayam, bebk, atau sai.
  • Ikan yang tidak dalam kondisi mentah
  • Kuning telur ayam kampung agar bulunya terawat.
  • Minyak ikan yang bisa diberikan seminggu sekali untuk menjaga nafsu makannya.

Tidak hanya makanan di atas, Anda juga bisa memberikan makanan kering buatan pabrik. Contoh makanan tersebut adalah Royal Canin, Whiskas, dan Pro Plan yang berkualitas baik.

Ketika memelihara kucing persia, Anda juga perlu memperhatikan asupan cairannya. Anda bsia memilih air putih untuk menghidrasi tubuhnya. Pastikan kucing persia Anda selalu mendapatkan air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

Cukup sediakan beberapa tempat minum berisi air putih bersih  dalam kandangnya atau di area rumah Anda. Jika perlu, berikan juga susu khusus kucing sebagai nutrisi tambahan agar tetap sehat.

2. Berikan Vitamin Tambahan

Kucing persia pada umumnya memiliki antibodi yang lemah sehingga membutuhkan suplemen dan vitamin tambahan untuk kelangsungan  hidupnya. Terlebih suplemen seperti vitamin untuk bulu yang sangat diperlukan untuk ras kucing berbulu panjang seperti persia.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memberikan vitamin anti hairball untuk mencegah hairball yang sering terjadi pada kucing persia. Hairball pada kucing ini disebabkan oleh kebiasaan yang suka menjilat bagian tubuhnya. Alhasil, bulu-bulu panjangnya yang sudah mati akan terbawa masuk ke dalam organ pencernaan.

Anda sebaknya tidak menggap sepele masalah ini. Bila Anda membiarkannya, bisa jadi kucing Anda akan lebih sering sakit akibat kesulitan memuntahkan gulungan bulu-bulu mati tersebut

3. Rutin Beri Vaksin 

Pemberian vaksin pada kucing persia Anda sangat penting dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuhnya dari serangan virus dan penyakit lainnya. Anda bisa memberikan vaksin setiap tahun sekali. Sebelum memberikannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mengetahui jenis vaksin yang tepat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement