Mengintip 9 Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Menarik Ditekuni

Tifani
Oleh Tifani
11 Oktober 2022, 13:28
Prospek Kerja Jurusan Biologi
Katadata
Ilustrasi, ilmuwan sebagai salah satu pilihan karir yang bisa ditempuh lulusan biologi.

Jurusan Biologi adalah salah satu dalam konsentrasi studi yang ada di program studi matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA), yang diminati banyak kalangan. Kampus di Indonesia umumnya memiliki dua jenis konsentrasi biologi, yaitu biologi murni dan pendidikan biologi.

Peluang atau prospek kerja biologi murni maupun pendidikan biologi sama-sama menjanjikan.lulusan bilogi dapat menjadi seorang profesional atau ahli sebagai ilmuwan riset (peneliti), farmakolog, ahli bioteknologi, ahli biologi dan ahli ekologi.

Advertisement

Prospek kerja jurusan biologi, juga dapat berkarier di laboratorium jika menjadi seorang peneliti, atau di perusahan sebagai konsultan di bagian research dan development dan instansi pemerintahan misalnya di konservasi lingkungan. Dikutip dari biologi.uma.ad.id, berikut ini adalah sederet prospek kerja jurusan biologi.

1. Ilmuwan di Korporasi Swasta

Karir atau profesi yang berbasis biologi di perusahaan sangatlah banyak dibutuhkan. Prospek kerja jurusan biologi dapat dilakukan di laboratorium maupun lapangan.

Salah satu prospek kerja untuk lulusan jurusan biologi adalah menjadi ilmuwan yang berada di laboratorium yakni analisis mikroba pada makanan dan obat, uji bahan sampel, uji kandungan pada bahan, dan uji produk, lain-lain. Sedangkan ilmuwan di lapangan memiliki tugas seperti merencanakan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), inventarisasi bahan di suatu daerah, analisis kondisi lingkungan, dan lain-lain.

2. Ilmuwan Medis

Pekerjaan medis tidak selamanya dikaitkan dengan jurusan analisis kesehatan, biomedis maupun dokter. Jurusan biologi pun memiliki peluang untuk menapaki jenjang karir sebagai ilmuwan medis.

Pekerjaan yang dilakukan sebagai ilmuwan medis yakni meneliti semua hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia mulai dari level molekuler, patologi, fisiologi, hingga analisis kesehatan secara holistik. Beberapa ilmuwan ahli serangga, mamalia, dan burung juga sering digunakan untuk pemetaan penyakit berasal dari hewan.

3. Guru

Menjadi guru atau pengajar biologi banyak dari lulusan pendidikan biologi. Namun, dari jurusan biologi non-pendidikan (biologi murni) juga bisa menjajaki karir sebagai guru. Karir guru biologi bisa di sekolah negeri maupun swasta. Selain guru di sekolah, lulusan biologi juga bisa menjadi pengajar di tempat bimbingan belajar atau les.

4. Dosen

Mengabdi menjadi dosen di perguruan tinggi adalah karir yang cukup bagus bagi sebagian lulusan biologi. Di Indonesia, jurusan biologi cukup banyak baik negeri maupun swasta sehingga lulusan biologi banyak mencoba untuk berkarir menjadi dosen. Lulusan biologi tidak selamanya menjadi dosen di jurusan biologi saja, bahkan bisa menjadi dosen di kesehatan, kedokteran, pertanian, kehutanan, dan perikanan.

5. Analis Laboratorium

Bekerja menjadi analisis laboratorium adalah contoh bidang pekerjaan yang berkaitan dengan biologi yang juga digemari. Dengan berbekal banyak pengetahuan seperti biokimia, molekuler, dan mikrobiologi maka kemampuan analisis lulusan biologi bisa bekerja di berbagai laboratorium seperti BPOM, laboratorium analisis kesehatan, laboratorium uji bahan, dan lain-lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement