Tidak Hanya Bekerja di RS, Ini 7 Prospek Kerja Jurusan Keperawatan

Tifani
Oleh Tifani
11 Oktober 2022, 14:44
prospek kerja jurusan keperawatan
ANTARA FOTO/REUTERS/Shannon Stapleton/HP/dj
Ilustrasi, seorang perawat memeriksa pasien.

Jurusan keperawatan menjadi salah satu program studi bidang kesehatan yang memiliki prospek kerja menjanjikan. Jangan salah, prospek kerja jurusan keperawatan tak hanya menjadi perawat rumah sakit saja.

Jurusan keperawatan mempelajari banyak hal, agar lulusan jurusan keperawatan dapat mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal juga kualitas hidupnya. Jurusan Keperawatan juga mempelajari tentang pemenuhan kebutuhan dasar manusia, termasuk bio, psiko, sosio, spiritual dan kultural.

Setelah lulus dengan gelar Sarjana Keperawatan, jika ingin menjadi perawat di rumah sakit maka harus menempuh pendidikan profesi Ners selama 1 tahun. Setelah lulus, baru dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik, dan mendirikan layanan homecare. Lulusan jurusan Keperawatan juga bisa berkarir sebagai medical representative di perusahaan alat medis atau obat-obatan.

Dikutip dari laman fikes.almaata.ac.id, berikut sederet prospek kerja jurusan keperawatan yang menjanjikan.

1. Perawat di Rumah Sakit

Prospek kerja jurusan keperawatn yang pertama ialah menjadi perawat di rumah sakit (RS). Lulusan jurusan keperawatan yang bercita-cita menjadi perawat, dapat mengikuti jejak para senior dengan berkarir menjadi perawat rumah sakit.

Lulusan jurusan keperawatan dapat memilih RSt yang diinginkan, baik milik pemerintah, maupun swasta swasta. Selain itu, menjadi perawat juga bisa di RS dalam negeri, maupun di luar negeri.

Bercita-cita menjadi seorang perawat adalah sebuah cita-cita yang mulia. Karena, perawat adalah sebuah profesi yang lebih mengutamakan pengabdian, ketimbang semata berorientasi pada pendapatan.

2. Perawat Homecare

Lulusan jurusan keperawatan dapat berkarir sebagai perawat homecare. Jika tidak suka rumah sakit atau tidak mau bekerja di rumah sakit, lulusan jurusan keperawatan bisa memilih menjadi perawat homecare. Alih-alih harus berangkat kerja ke rumah sakit, lulusan jurusan keperawatan akan berangkat kerja ke rumah orang lain.

Di sana, akan merawat orang-orang yang membutuhkan perawatan. Lulusan jurusan keperawatan dapat melakukan perawatan pada bayi, anak kecil, serta orang lanjut usia (lansia). Kelebihan profesi ini, adalah memiliki waktu yang lebih fleksibel daripada bekerja di sebuah instansi resmi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...