Bisa Kerja sambil Jalan-jalan, Ini Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Tifani
Oleh Tifani
11 Oktober 2022, 14:09
prospek kerja jurusan pariwisata
Katadata
Ilustrasi, tour consultant sebagai salah satu prospek kerja jurusan pariwisata.

Jurusan atau program studi pariwisata merupakan salah satu bidang keilmuan yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Sebab, bidang pekerjaan yang ditawarkan oleh industri pariwisata tidak terbatas sebagai pemandu wisata saja.

Salah atu prospek kerja jurusan pariwisata lainya juga dapat berkecimpung dalam bidang perhotelan, culinary, event management, kapal pesiar, dan sebagainya. Lulusan jurusan pariwisata juga dibutuhkan di instansi pemerintah seperti Kementerian Pariwisata.

Dilansir dari laman Batam Tourism Polytechnic, berikut prospek kerja menjanjikan bagi lulusan pariwisata.

1. Tour guide

Menjadi tour guide atau pemandu wisata adalah salah satu pekerjaan impian lulusan pariwisata. Tugas tour guide adalah menjelaskan atau memberi informasi tentang suatu daya tarik wisata.

Bisanya tour guide akan bertugas di bus atau hanya di objek wisata. Selain menjadi tour guide, lulusan pariwisata juga berpeluang besar menjadi tour leader, yang bertugas untuk memimpin dan mengatur rombongan wisatawan selama tour berlangsung.

Tanggung jawab tour leader sendiri lebih besar dari tour guide, karena mereka harus memastikan seluruh proses tour belangsung dengan baik, dari hari pertama sampai hari terakhir, diantaranya mengabsen peserta tour, mengurus check-in hotel sampai memperhatikan keselamatan peserta selama tour berlangsung.

2. Staf Bandara

Walaupun peluang bekerja di bidang penerbangan terbuka bagi siapa saja, lulusan pariwisata memiliki lebih banyak peluang. Terutama, karena lulusan pariwisata telah mendapatkan mata kuliah ground handling, apalagi kalau lulusan pariwisata pernah melaksanakan kerja praktek di bandara.

Selain bekerja sebagai ground handling staff, lulusan pariwisata juga bisa mendaftar jadi pramugari atau pramugara dengan bekal ilmu hospitality yang kamu pelajari di bangku kuliah. Bukan hanya bisa bekerja sambil jalan-jalan, gaji di bidang penerbangan terkenal cukup tinggi.

3. Travel Content Creator

Beberapa tahun belakangan, profesi ini makin populer. Banyak orang membagikan pengalaman perjalanannya di berbagai media seperti blog dan website. Sebagai lulusan yang paham akan dunia pariwisata, dapat pula menyusun buku panduan wisata.

Meski banyak orang yang lebih suka mencari informasi di internet, buku panduan pariwisata ternyata tetap memiliki pembacanya sendiri. Biasanya buku-buku ini dibawa bepergian oleh traveler dan dianggap sebagai kitab suci selama perjalanan mereka.

4. Staf Perhotelan

Bisnis pariwisata sangat erat kaitannya dengan bisnis perhotelan. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya hotel-hotel dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...