Mengenali Gejala Diabetes pada Perempuan yang Patut Diwaspadai

Tifani
Oleh Tifani
11 Oktober 2022, 15:11
diabetes
Katadata
Ilustrasi, perempuan yang mengalami PCOS. Ini merupakan salah satu tanda diabetes pada perempuan.

Diabetes adalah kondisi di mana seseorang memiliki gula darah tinggi, karena tubuhnya bermasalah dalam menghasilkan atau memproses insulin. Ini dapat menyerang orang dari segala usia, ras, dan jenis kelamin.

Dilansir gooddoctor.co.id, tingkat kematian laki-laki dengan diabetes telah mengalami penurunan selama tahun 1971 hingga 2000. Hal tersebut dianggap mencerminkan kemajuan dalam pengobatan diabetes. Namun sayangnya ini tidak terjadi pada kelompok perempuan. Diabetes pada perempuan, adalah salah satu penyakit kronis yang perlu diwaspadai.

Advertisement

Mengutip laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), perempuan yang terkena diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan serangan jantung lebih parah dibandingkan laki-laki.

Gejala Diabetes pada Perempuan yang Harus Diwaspadai

Umumnya, perempuan penderita diabetes memiliki gejala yang dirasakan akan sama seperti pria. Di antaranya adalah haus dan lapar berlebihan, penurunan atau kenaikan berat badan tanpa sebab jelas, serta peningkatan frekuensi buang air kecil.

Namun beberapa tanda unik juga bisa terjadi di antaranya adalah:

1. Infeksi Jamur Vagina, dan Mulut, serta Sariawan Vagina

Pertumbuhan berlebih jamur yang disebabkan oleh jamur candida dapat menyebabkan infeksi jamur vagina, infeksi jamur mulut, dan sariawan vagina.

Infeksi ini umum terjadi pada perempuan. Ketika infeksi berkembang di area vagina, gejalanya meliputi:

  • Gatal
  • Rasa sakit
  • Keputihan
  • Seks yang terasa nyeri

Infeksi jamur rongga mulut seringkali menyebabkan lapisan putih di lidah dan di dalam mulut. Kadar glukosa yang tinggi dalam darah memicu tumbuhnya jamur.

2. Infeksi Saluran Kemih

Risiko infeksi saluran kemih (ISK) lebih tinggi pada perempuan penderita diabetes. ISK berkembang ketika bakteri memasuki saluran kemih. Infeksi ini dapat menyebabkan:

  • Buang air kecil yang menyakitkan
  • Sensasi terbakar
  • Urine berdarah atau keruh

Ada risiko infeksi ginjal jika gejala ini tidak diobati. ISK umum terjadi pada perempuan penderita diabetes, sebagian besar karena sistem kekebalan yang terganggu karena hiperglikemia.

3. Disfungsi Seksual

Neuropati diabetes terjadi ketika glukosa darah tinggi merusak serabut saraf. Ini dapat memicu kesemutan dan hilangnya perasaan di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan dan kaki. Kondisi ini juga dapat memengaruhi sensasi di area vagina dan menurunkan gairah seks wanita.

4. Sindrom Ovarium Polikistik

Gangguan ini terjadi ketika seseorang menghasilkan lebih banyak hormon pria dan cenderung terkena sindrom ovarium polikistik (polycystic ovarian syndrome/PCOS). Tanda-tandanya meliputi:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement