7 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Siti Nur Aeni
21 Mei 2022, 20:52
Jagung, salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/rwa.
Jagung, salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes

Mengonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan agar penyakit ini tidak semakin parah. Perlu dipahami bahwa penderita diabetes tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, makanan juga bisa memicu kenaikan gula darah dan membuat diabetes semakin parah.

Lantas, apa saja makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan mengonsumsi sembarang makanan bisa menimbulkan kenaikan gula darah dan membuat penyakit ini semakin parah.

Berdasarkan penjelasan di Hellosehat.com, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah. Sebagai pengetahuan, indeks glikemik (IG) adalah nilai yang menunjukkan kecepatan makanan dalam meningkatkan gula darah di dalam tubuh.

Makanan dengan nilai IG rendah, berarti memerlukan waktu yang lama untuk diproses menjadi glukosa. Dengan demikian, kadar gula dalam darah bisa lebih stabil. Masih mengutip dari hellosehat.com, berikut sejumlah makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

1. Jagung

Jagung
Olahan jagung, salah satu makanan yang baik untuk penderita diabetes (pexels.com)

Anda mungkin mengenal jagung sebagai salah satu makanan yang mengandung karbohidrat. Jagung bahkan sering dijadikan pengganti nasi. Siapa sangka jika makanan mengenyangkan ini memiliki nilai IG yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi penyintas diabetes.

Dalam 100 gram jagung diketahui memiliki nilai IG 46, sedangkan beban glikemiknya bernilai 14. Sementara itu, jika dibandingkan dengan nasi putih, beban glikemik 150 gram nasi putih mencapai 29.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa beban glikemik jagung lebih rendah dibandingkan nasi putih. Perlu diketahui bahwa, semakin rendah beban glikemik dalam makanan, maka semakin baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Tak hanya rendah beban glikemik, jagung juga termasuk makanan tinggi serat dan pati (karbohidrat kompleks). Maka dari itu, makanan ini lebih lama dicerna oleh tubuh. Hal tersebut membuat kadar gula tidak cepat naik setelah mengonsumsi jagung.

Proses pencernaan jagung yang lebih lama juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jadi, keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan bisa ditekan.

2. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Olahan Ubi Jalar (pixabay.com)

Selain jagung, ubi jalar juga termasuk makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Ubi jalar juga memiliki indeks glikemik rendah. Dalam satu porsi ubi rebus memiliki nilai glikemik sebesar 44.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement