5 Gejala Diabetes Ini Patut Diwaspadai

Siti Nur Aeni
21 Mei 2022, 16:10
Sering merasa lapar bisa menjadi salah satu gejala diabetes yang patut diwaspadai.
pixabay.com
Sering merasa lapar bisa menjadi salah satu gejala diabetes yang patut diwaspadai.

Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan dalam tubuh yang membuat tubuh tidak bisa menggunakan glukosa darah ke dalam sel. Hal tersebut membuat glukosa menumpuk di dalam darah.

Diabetes termasuk penyakit berbahaya. Bahkan menurut data dari International Diabetes Federation, pada tahun 2021 jumlah kematian akibat diabetes di Indonesia mencapai 236 ribu. Angka tersebut membuat Indonesia berada di posisi keenam sebagai negara yang memiliki kasus kematian akibat diabetes terbesar di dunia.

Kematian akibat diabetes sebenarnya bisa diminimalisir jika gejala diabetes diketahui sedini mungkin. Dengan mengetahui gejala penyakit diabetes sedini mungkin, maka bisa ditangani dengan tepat dan diabetes tidak semakin parah.

Lantas, apa saja gejala penyakit diabetes? Mengutip dari Hellosehat.com, berikut beberapa gejala diabetes yang perlu diwaspadai.

Gejala Diabetes

1. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil terutama di malam hari menjadi salah satu ciri diabetes yang umum dialami penderita penyakit ini. Dalam studi kesehatan, gejala ini disebut dengan istilah poliuria. Kondisi ini bisa terjadi pada penderita diabetes karena gula darah dalam tubuh terlalu tinggi.

Normalnya, gula darah akan disaring oleh organ ginjal dan diserap kembali oleh tubuh. Namun, jika kadar gula sudah terlalu tinggi, ginjal tidak bisa menyerap seluruh gula darah tersebut. akibatnya urine yang keluar dari ginjal akan mengandung banyak gula.

Tak hanya itu, kadar gula yang terlalu tinggi juga menyebabkan tekanan osmotik pada urine. Kondisi ini memaksa urine untuk menarik lebih banyak air agar konsentrasinya seimbang. Maka dari itu, volume urine menjadi bertambah banyak dan mengakibatkan penderita diabetes sering buang air kecil.

2. Sering Merasa Haus

Gejala lain dari penyakit diabetes yaitu sering merasa haus atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah polidipsia. Rasa haus yang dirasakan penderita diabetes berbeda dengan orang pada umumnya. Pasalnya, para penderita diabetes akan tetap merasa haus walaupun sudah minum.

Kondisi ini berhubungan dengan tekanan osmotik pada urine. Kandungan gula pada urine yang terlalu tinggi membuat urine menarik lebih banyak air. Seiring dengan berjalannya waktu, komponen air yang tertarik ke urine akan bertambah. Hal tersebut menyebabkan dehidrasi, sehingga tubuh terus mengirimkan sinyal haus ke otak.

3. Mudah Merasa Lapar

Selain sering merasa haus, pengidap diabetes juga sering merasa lapar. Kondisi biasa terjadi setelah makan berat. Hal ini dikarenakan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...