Mengintip 7 Prospek Kerja PGSD yang Menjanjikan

Tifani
Oleh Tifani
12 Oktober 2022, 14:18
prospek kerja PGSD
ANTARAFOTO/Seno
Ilustrasi, Guru SDN Jugosari 03 Eri Eliyawati mengajar sejumlah muridnya di rumah warga di Dusun Sumerlangsep, Desa Jugosari, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Prospek kerja PGSD atau jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar rupanya tak hanya menjadi guru sekolah dasar saja. Jurusan PGSD mempelajari berbagai mata kuliah, sehingga dapat meniti karir menjadi dosen bahkan konten kreator.

Jurusan PGSD mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD, mulai dari akademik hingga karakternya. Jurusan ini tidak hanya belajar hal yang bersifat akademis, tetapi juga belajar hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak.

Program studi PGSD dapat kamu temui di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dikutip dari laman Brain Academy, jurusan ini belajar berbagai macam-macam materi pelajaran SD.

Mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni, Pramuka, dan lain-lain. Bukan hanya materi, tetapi cara memecahkan soal dan teknik mengajar untuk anak usia pendidikan dasar.

Itulah sebabnya, waktu kita SD, ada satu orang guru yang bisa mengajarkan berbagai macam pelajaran. Bahkan, mereka juga kreatif dalam membuat prakarya, melakukan tarian, hingga memainkan alat musik.

Dikutip dari laman fkip.esaunggul.ac.id, berikut sederet prospek kerja PGSD yang menjanjikan, dan layak untuk ditekuni.

1. Guru Sekolah Dasar

Sesuai dengan nama jurusannya, prospek kerja PGSD yang pertama adalah menjadi seorang guru sekolah dasar (SD). Lulusan jurusan PGSD dapat berkarir menjadi guru SD. Selain itu, lulusan PGSD juga dapat meniti karir sebagai pengajar di luar negeri.

Namun, untuk mencapainya tentu harus sesuai dengan kualifikasi guru pendidikan dasar yang dibutuhkan di negara yang menjadi tujuan kerja.

2. Konsultan Pendidikan Anak

Prospek kerja PGSD selanjutnya, adalah menjadi seorang konsultan pendidikan anak di tingkat pendidikan dasar. Ini karena, tidak sedikit pelajar yang mengalami dilema dan kebingungan dalam menentukan rencana studi selanjutnya. Di sinilah peran konsultan pendidikan dibutuhkan, di mana profesi ini akan membantu pelajar dan orangtua dalam merencanakan pendidikan.

Konsultan pendidikan memiliki tugas utamanya membantu pelajar untuk memilih jurusan dan tempat studi yang diminati, baik di dalam maupun luar negeri, mendukung dalam prosedur masuk universitas, membantu mengurus tiket pesawat dan tempat tinggal, serta menyediakan informasi terkait sistem sekolah di luar negeri hingga kehidupan masyarakat lokal.

Prospek kerja PGSD sebagai konsultan ini memungkinkan untuk dilakukan. Sebab, seorang lulusa PGSD dibekali ilmu psikologi pendidikan dan anak, sehingga memahami seperti apa dunia pendidikan dan kondisi psikologis seorang anak.

3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu prospek kerja PGSD selanjutnya. Banyaknya sekolah negeri maupun kedinasan di sektor pendidikan membuat lulusan PGSD dibutuhkan mengisi posisi tersebut.

Lulusan PGSD dapat diangkat menjadi PNS sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah negeri yang dikelola pemerintah. Selain itu, lulusan PGSD juga dapat diangkat untuk mengisi jabatan-jabatan formal di sektor pendidikan, seperti dinas pendidikan dan kebudayaan, kementrian agama, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...