6 Prospek Kerja Teknik Biomedis yang Wajib Diketahui

Tifani
Oleh Tifani
12 Oktober 2022, 16:34
prospek kerja teknik biomedis
Katadata
Ilustrasi, prospek kerja teknik biomedis.

Teknik biomedik merupakan program studi yang menggabungkan bidang ilmu teknik dan kedokteran. Semakin berkembangnya teknologi pada sektor kesehatan, membuat prospek kerja teknik biomedis ke depan semakin menjanjikan.

Secara garis besar, jurusan ini mempelajari sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan. Pada program studi ini, mahasiswa mempelajari bagaimana merancang alat-alat mekanis dan elektronis untuk membantu dunia dunia medis. Tujuannya, untuk mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran atau medis.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa melakukan pengukuran, perawatan, dan kalibrasi peralatan medis yang ada di rumah sakit. Bukan cuma itu, para lulusan Teknik Biomedis juga diharapkan bisa mengembangkan teknologi atau perangkat baru yang berguna di bidang kesehatan.

Prospek Kerja Teknik Biomedis

Dengan penambahan jumlah penduduk dunia yang kian pesat, keberadaan keahlian di bidang kesehatan sangat dibutuhkan. Termasuk di dalamnya, teknik biomedis. Ini karena lulusan jurusan ini, memiliki pemahaman yang mumpuni terkait kelistrikan, biologi, kedokteran, kimia, komputer, elektro, dan banyak lagi ilmu yang spesifik di bidang biomedis dan keteknikan.

Mahasiswa teknik biomedis akan berteman baik dengan peralatan-peralatan medis dan hal-hal yang berbau kesehatan. Karena itu, diharuskan memiliki dasar pengetahuan yang kuat di bidang ilmu sains atau kedokteran, serta ilmu teknik.

Lulusan teknik biomedis diharapkan dapat membantu mengembangkan industri alat-alat medis di Indonesia, sehingga ketergantungan Indonesia terhadap negara-negara maju dapat berkurang. Dilansir dari laman biomedik.eng.ui.ac.id, berikut sederet prospek kerja teknik biomedik yang menjanjikan dimasa depan.

1. Instansi Pemerintahan

Lulusan teknik biomedis juga dapat bekerja di Instansi-instansi pemerintahan yang berkaitan dengan kompetensi di bidang Teknik Biomedik seperti Kementrian kesehatan, Dinas Kesehatan dan juga Kementrian Perindustrian.

2. Laboratorium Kesehatan

Laboraturium kesehatan merupakan tempat dimana teknologi-teknologi yang berhubungan dengan alat-alat medis digunakan untuk melakukan penelitian-penelitian yang berguna untuk pasien dan juga masyarakat luas. Oleh karena itu, pengetahuan yang dimiliki oleh sarjana teknik biomedis terkait alat-alat medis sangatlah diperlukan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...