5 Rekomendasi Novel untuk Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Destiara Anggita Putri
12 Oktober 2022, 22:13
Novel Untuk Belajar Bahasa Inggris
Unsplash

Belajar bahasa Inggris seringkali menjadi hal yang menakutkan karena banyaknya aspek yang harus dikuasai. Oleh karena itu, banyak orang sering merasa kesulitan hingga membuat mereka kehilangan semangat belajar.

Sebenarnya ada banyak cara yang menyenangkan namun tetap efektif untuk belajar bahasa Inggris. Jika Anda sukaa membaca terutama novel, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah kosakata dan meningkatkan kemampaun reading Anda. 

Ada banyak novel bahasa Inggris yang bisa dijadikan pilihan. Namun, jika Anda seorang pemula, simak lima rekomendasi novel untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula di bawah ini.

1. The Old Man and The Sea

Novel klasik selalu bisa dijadikan untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula. The Old Man and The Sea merupakan novel legendaris karya Ernest Hemingway yang terbit pada tahun 1951. Novel ini layak untuk dijadikan salah satu bacaan karena penggunaan kosakata yang digunakan masih bisa dipahami oleh level pemula seperti Anda.

The Old Man and The Sea fokus menceritakan kehidupan seorang nelayan tua yang berasal dari Kuba bernama Santiago. Singkatnya, Santiago yang telah berlayar di laut selama  delapan puluh empat hari selalu kembali dengan tangan kosong tanpa membawa ikan satupun.

Setelah kejadian ini, Santiago bertekad untuk berlayar lagi dan tak akan kembali sampai ia mendapatkan ikan. Selama melaut, Santiago mengalami banyak kejadian-kejadian yang tak terlupakan.

2. The Secret Garden

Novel klasik selanjutnya yang patut Anda baca adalah The Secret Garden. karya Frances Hodgson. Novel ini merupakan buku sastra klasik anak yang tentunya cocok untuk Anda yang masih pemula dalam belajar bahasa Inggris.

The Secret Garden mengisahkan kehidupan seorang gadis berusia 10 tahun bernama Mary.  Dalam novelnya, ia diceritakan tinggal bersama keluarga asuhnya di India. Mary sendiri sering menghabiskan banyak waktu bersama pengasuh lokal yang bernama Martha.

Singkatnya, Mary menemukan kisah tentang taman rahasia yang membuatnya berkeliling demi mencari tahu lokasi dari taman tersebut. Ia pun mengalami petualangan yang membuatnya banyak belajar soal kehidupan. 

3. Diary of Wimpy Kid

Tidak hanya dari novel klasik, Anda juga bisa belajar bahasa Inggris dengan membaca novel-novel modern. Salah satunya adalah novel Diary Wimpy Kid karya Jeff Kinney.

Diary of Wimpy Kid merupakan novel yang cukup populer hingga telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada 16 seri novel ini yang terbit dan bisa Anda beli di toko buku. 

Kisahnya sendiri cukup ringan sehingga Anda yang masih pemula dalam bahasa Inggris  akan lebih mudah memahami ceritanya. Tidak hanya itu, novel ini juga  dibuat dengan format layaknya buku diary dan dilengkapi dengan ilustrasi menarik sehingga pastinya Anda tidak akan merasa bosan ketika membacanya. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...