8 Obat Alami untuk Sakit Gigi Berlubang

Tifani
Oleh Tifani
13 Oktober 2022, 14:22
obat alami untuk sakit gigi berlubang
FREEPIK
Ilustrasi, sakit gigi.

Gigi berlubang menjadi masalah pada gigi yang paling umum ditemui di Indonesia. Meski terlihat sepele, jika tidak diatasi dengan baik, lama kelamaan rasa sakitnya bisa tidak tertahankan.

Selain minum obat pereda nyeri dari dokter, juga dapat menggunakan obat alami untuk sakit gigi berlubang. Mengutip hallosehat.com, secara umum, masalah gigi berlubang disebabkan oleh asam yang merusak gigi.

Apabila tidak ditangani dengan baik, gigi berlubang dapat menyebabkan komplikasi, salah satunya kondisi yang disebut oral fistula yang bisa berujung pada kematian.

Terkadang sakit gigi berlubang bisa datang tiba-tiba. Maka penting untuk mengetahui cara penggunaan obat alami sakit untuk sakit gigi berlubang.

Obat Alami untuk Meredakan Sakit Gigi Berlubang

Ada banyak bahan-bahan rumahan yang dapat meredakan sakit gigi berlubang. Beberapa obat alami atau tradisional ini mencegah terjadinya pembusukan dan juga menghambat pembentukan lubang pada gigi.

Berikut ini merupakan beberapa obat sakit gigi berlubang tradisional dan cara menggunakannya.

1. Garam

Garam dapur sebagai obat alami sakit gigi berlubang. Garam mengandung antiseptik dan antibakteri.

Cara paling mudah yakni dengan memanfaatkan air garam sebagai obat kumur. Hal ini akan membantu mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri mulut.

Berikut cara menggunakan garam untuk mengobati sakit akibat gigi berlubang.

  • Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan ini hingga menyapu semua bagian mulut, selama satu menit.
  • Fokuskan juga berkumur pada area yang terdapat gigi berlubang.
  • Pengobatan ini dapat dilakukan tiga kali sehari sampai gejala mereda.

Selain itu, juga bisa mencampurkan ½ sendok teh garam dan air lemon. Oleskan larutan ini sambil memijat gusi selama beberapa menit, lalu berkumurlah dengan air hangat sesudahnya.

2. Licorice

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products (2011), licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi.

Senyawa dalam akar manis, yakni licoricidin dan licorisoflavan A, memiliki sifat antibakteri berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Tidak hanya itu, licorice sebagai obat alami sakit gigi berlubang juga dapat mengurangi plak gigi. Berikut ini cara mudah menggunakannya.

  • Larutkan 1 sendok teh bubuk akar manis ke dalam segelas air hangat.
  • Berkumurlah dengan larutan ini 4–5 kali sehari untuk membantu meredakan sakit gigi.
  • Bubuk akar manis juga dapat digunakan untuk menyikat gigi atau akarnya yang lembut secara utuh sebagai sikat gigi.

3. Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Kunyit bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri.

Untuk mengaplikasikan obat herbal tradisional untuk sakit gigi berlubang ini, inilah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan.

  • Haluskan kunyit atau campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk menyerupai pasta.
  • Oles pasta kunyit ini pada bagian gigi yang sakit.
  • Biarkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat.

Kunyit juga dapat digunakan untuk memijat lembut bagian gigi dan gusi yang sakit. Ulangi pengobatan ini sekali atau dua kali sehari sampai gejala yang Anda rasakan berkurang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...