10 Rekomendasi Minuman Khas Aceh yang Segar dan Menyehatkan

Annisa Fianni Sisma
14 Oktober 2022, 12:21
minuman khas Aceh
Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh
Ilustrasi, Kopi Sanger.

Aceh merupakan wilayah yang menarik untuk dikunjungi. Selain karena warisan budaya pakaian adat, tarian adat dan lain sebagainya yang sangat menarik, Aceh juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang kulinernya.

Jika Anda mendengar kuliner asal Aceh, pasti yang terlintas di pikiran adalah hidangan Mie Aceh yang sudah melegenda, dan tersebar pula di berbagai tempat di Indonesia. Sie Reuboh, Keumamah, Ie Bu Peudah, dan masih banyak lagi kuliner makanan khas Aceh yang terkenal. Namun, suguhan dari "Tanah Rencong" ini tak melulu soal makanan, melainkan juga minumannya.

Bicara soal minuman khas Aceh, tentu tidak lepas dari pembicaraan terkait kopi. Ini tidak mengherankan, sebab Aceh merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik Indonesia.

Meski demikian, ragam minuman yang berasal dari Aceh tidak hanya didominasi oleh minuman berbasis kopi saja. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini penjelasan mengenai minuman khas Aceh selengkapnya.

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan minuman khas Aceh yang sangat terkenal di Indonesia. Minuman khas Aceh ini terbuat dari biji kopi yang berasal dari dataran tinggi Gayo. Biji kopi ini telah ada sejak jaman pendudukan Belanda. Banyak kedai yang menjual Kopi Gayo sehingga jika ingin mencicipi pun mudah.

2. Kopi Sanger

Kopi Sanger adalah salah satu minuman khas Aceh yang unik. Minuman ini merupakan campuran dari kopi hitam, gula yang diseduh air panas serta susu kental manis. Rasa kopi yang nikmat dipadu dengan gula dan susu kental manis membuat rasa kopi tidak terlalu pahit.

Paduan tersebut kemudian disaring dengan saringan yang berbentuk kerucut. Pengolahan yang masih menggunakan cara tradisional itu menjadi cita rasa khas Kopi Sanger.

3. Kopi Kurma

Minuman khas Aceh selanjutnya, adalah Kopi Kurma. Minuman ini terbuat dari kopi Arabika yang dihaluskan, yang dicampur susu, kurma, dan madu segar kemudian diseduh dengan air panas.

Kopi Kurma menyajikan rasa unik, karena kopi bisa berpadu dengan manisnya susu, kurma, dan madu segar. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh, maka wajib mencicipi Kopi Kurma ini.

4. Teh Tarik

Teh tarik ini terbuat dari susu kental manis, teh, dan gula. Minuman khas Aceh ini telah dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Cara pembuatannya sangat khas yakni dengan menuangkan campuran tersebut secara bolak balik.

Cara pembuatan minuman ini membuat adanya busa yang memberikan sensasi lembut saat diminum. Teh Tarik tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nikmatnya teh hangat yang dicampur gurihnya susu membuatnya semakin menarik dicoba.

5. Ie Seureubet

Ie Seureubet merupakan salah satu minuman khas Aceh yang unik. Minuman ini dibuat dari aneka rempah-rempah yang khas seperti lada, kayu manis, jahe, dan rempah-rempah lainnya.

Campuran rempah-rempah tersebut membuat hidangan ini terasa hangat di tubuh. Rasanya sedikit pedas dan menyegarkan dengan aroma khas rempah-rempah yang menenangkan akan menjadi hidangan sempurna saat berkunjung ke Aceh.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...