6 Cara Memotong Kuku Kucing yang Baik dan Benar

Destiara Anggita Putri
14 Oktober 2022, 13:14
Cara Memotong Kuku Kucing
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika memelihara kucing. Memperhatikan kebersihan kuku kucing adalah salah satunya. Sama seperti manusia, kuku kucing juga pasti akan memanjang seiring berjalannya waktu.

Jika dibiarkan, kuku yang panjang tersebut bisa menyebabkan cedera pada bantalan kaki kaki kucing yang nantinya akan memicu masalah sendi jangka panjang.

Advertisement

Oleh karena itu, Anda perlu memotong kuku kucing Anda. Pastinya ada beberapa hal yang perlu diketahui agar proses pemotongan kuku berjalan lancar.

Nah, seperti apa cara memotong kuku kucing yang baik dan benar? Simak ulasan singkat berikut ini.

1. Buat Kucing Merasa Nyaman

Ini merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memotong kuku kucing Jika kucing sedang marah atau mood-nya buruk, proses menggunting kuku pastinya akan menjadi lebih sulit.

Agar mereka nyaman, Anda sebaiknya melakukan pemotongan kuku di tempat yang tenang dan sunyi. Akan lebih baik lagi bila Anda melakukanya saat kucing Anda mengantuk, misalnya setelah makan.

Selain itu, jauhi jendela dan hewan peliharaan lainnya agar kucing Ada tidak teralihkan perhatiannya. Anda juga bisa membelai atau meyisir bulunya terlebih dahulu lalu Setelah itu, pangku mereka pada lekukan lengan dan pegang  kakinya untuk melakukan pemotongan kuku. 

2. Gunakan Gunting yang Tajam dan Sesuai dengan Kuku

Ketika hendak memotong kuku kucing, pastikan Anda menggunakan gunting yang tajam dan pastnya sesuai dengan jenis kuku kucing Anda. Untuk jenis gunting, Anda sebaiknya menggunakan gunting kecil yang tidak terlalu menakutkan bagi kucing.

Gunting jenis ini memang dirancang untuk kucing dengan segala usia dan ukuran. Selain itu, gunting uni juga memiliki pegangan untuk mencegah salah sasaran.

Namun, jika ternyata kucing Anda memiliki kuku yang tebal, sebaiknya Anda menggunakan gunting guillotine.Ini merupakan jenis gunting yang memiliki cincin oval sebagai tempat memasukkan kuku untuk memotong ujung kuku kucing Anda. 

Pastikan  jenis gunting yang Anda pakai cukup tajam untuk memotong kuku kucing. Jika gunting yang digunakan tumpul,  dikhawatirkan gunting tersebut akan menghancurkan kuku kucing Anda.

3. Hindari Area Quick

Ini merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan ketika sedang memotong kuku kucing. Quick adalah bagian kuku berwarna merah uda di ujung jari kaki yang berisi saraf dan pembuluh darah.

Jangan sampai Anda memotong daerah ini agar tidak terjadi pendarahan dan rasa sakit pada kucing. Pada umumnya, kuku kucing berwarna semi transparan dan memiliki jarak yang cukup antara ujung kuku dan quick.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement