7 Ragam Prospek Kerja Computer Science yang Menarik Ditekuni

Tifani
Oleh Tifani
14 Oktober 2022, 13:02
prospek kerja computer science
Katadata
Ilustrasi, web developer.

Computer science atau ilmu komputer menjadi salah satu jurusan yang banyak diincar. Pasalnya, semakin berkembang teknologi dan informasi, prospek kerja computer science semakin menjanjikan.

Dikutip dari laman binus.ac.id, computer science merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Lulusan computer science akan dibekali keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

Pada dasarnya jurusan ini mempelajari bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya. Di jurusan ini, ide-ide kreatif dapat diwujudkan apalagi di dunia informasi digital seperti saat ini.

Berikut sederet prospek kerja computer science yang menjanjikan dan berpeluang.

1. Software Engineer dan Software Developer

Salah satu prospek kerja computer science adalah menjadi software engineer dan software developer. Seorang software engineer biasanya melakukan riset, mendesain, mengembangkan, hingga melakukan pengujian terhadap program software.

Sama seperti arsitek, software engineer harus memiliki kemampuan untuk mengelola sistem yang kompleks guna menjawab kebutuhan user. Setelah software engineer merancang program, software developer akan membangun perangkat lunak tersebut.

Tidak sekadar pengetahuan coding yang mumpuni, memiliki ide untuk pengembangan software dan mampu berkolaborasi dengan user, desainer, serta system analyst termasuk ke dalam skill yang harus dimiliki seorang software developer.

2. Konsultan IT

Prospek kerja computer science selanjutnya ialah menjadi konsultan IT. Konsultan IT (Information Technology) bertugas untuk menganalisis kebutuhan model bisnis klien yang berbasis teknologi.

Konsultan IT harus mengikuti perkembangan terbaru di bidang teknologi komputer maupun informasi. Tidak hanya itu, konsultan IT juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan diagnosis dan analisis masalah perusahaan yang potensial.

Krmudian setelah menganalisis, konsultan IT harus mengembangkan rencana aksi, meliputi sumber daya dan skala waktu. Pada tahap berikutnya, konsultan IT bertugas memperbaiki sistem dan jaringan komputer dalam perusahaan.

Jika tidak bisa diperbaiki lagi, konsultan harus merancang ulang sistemnya. Kendati sistem sudah berjalan lancar, konsultan IT wajib memantau perkembangannya.

Minimal, konsultan IT memastikan sistem tersebut mudah digunakan dan mampu bekerja dengan baik.

3. Software Engineer

Profesi software engineer cocok untuk lulusan computer science yang suka menganalisis, merekayasa, dan mengimplementasi perangkat lunak tertentu. Jika terjadi masalah dalam perangkat lunak tersebut, software engineer harus melakukan validasi dan merancang kembali sistemnya.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang software engineer mesti menguasai kemampuan software development life cycle (SDLC). Keahlian ini digunakan sebagai bekal utama dalam mengembangkan mulai dari requirement sampai maintenance software.

4. Web Developer

Bagi lulusan computer science yang tidak mau terikat pada satu perusahaan saja, menjadi web developer menjadi prospek kerja computer science selanjutnya. Pekerjaan utama seorang web developer adalah membuat program aplikasi untuk situs world wide web.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...