Menilik 6 Prospek Kerja Ilmu Sejarah yang Menjanjikan

Tifani
Oleh Tifani
14 Oktober 2022, 14:15
prospek kerja ilmu sejarah
Freepik
Ilustrasi, ilmu sejarah.

Ilmu sejarah merupakan salah satu jurusan atau program studi rumpun sosial yang layak dipertimbangkan. Jurusan ini memang memiliki sedikit peminat, namun prospek kerja ilmu sejarah terbuka lebar dan cukup menjanjikan.

Jurusan ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, mulai dari sejarah zaman kuno yang dimulai sebelum masehi, hingga zaman modern di atas abad ke-20. Sejarah sendiri, bermakna kejadian masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari masa lampu, seperti artefak, manuskrip, dan buku.

Konteks ilmu sejarah juga sangat luas, mencakup aspek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial. Ilmu sejarah akan mengajari bagaimana sesuatu berubah dari waktu ke waktu, mempelajari pola dan nilai yang terkandung di dalamnya.

Merangkum laman Kagama.co, ada sejumlah peluang pekerjaan menarik bagi lulusan ilmu sejarah.

1. Ahli Sejarah

Prospek kerja ilmu sejarah yang pertama ialah menjadi ahli sejarah atau sejarahwan. Seorang ahli sejarah bertugas untuk mempelajari dan memahami masa lalu dan menyajikan kesimpulan kepada publik atau kepada organisasi yang membutuhkan informasi tersebut.

Meskipun ahli sejarah memiliki pemahaman luas tentang sejarah sebagai ilmu yang kompleks, mereka biasanya mempraktikkan spesialisasi khusus untuk bidang tertentu. Ahli sejara dapat hmemilih untuk mempertajam pengetahuan sehubungan dengan periode waktu, negara, wilayah geografis, atau tokoh tertentu.

Seorang ahli sejarah juga dapat bekerja untuk kantor pemerintah, organisasi warisan dunia, dan bahkan bisnis swasta.

2. Ahli Geografi

Prospek kerja ilmu sejarah selanjutnya ialah menjadi ahli geografi. Pasalnya ilmu sejarak tidak terlepas dari kajian geografis, sehingga secara keilmuan seorang lulusan ilmu sejarah juga menguasi ilmu geografi.

Geografi adalah salah satu dari berbagai macam jurusan atau spesialisasi sejarah dan merupakan bagian dari program studi dalam lingkup humaniora. Banyak mahasiswa sejarah yang mempelajari geografi manusia (antropogeografi) dan geografi fisik.

Keduanya membantu mereka untuk memahami hubungan antara budaya, pasar, masyarakat, dan lanskap lingkungan di bumi. Dengan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang masa lalu dari sudut pandang geografis dan keseluruhan sejarah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...