6 Cara Agar Kucing Tidak BAB di Halaman Rumah

Destiara Anggita Putri
14 Oktober 2022, 14:37
cara agar kucing tidak BAB di halaman rumah
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Kucing merupakan hewan favorit banyak orang untuk dijadikan peliharaan. Hal ini dikarenakan kucing diperaya mampu menghilangkan stress dan bisa membangun ikatan emosional dengan pemiliknya.

Terlepas dari kelucuannya, ada kalanya kucing berbuat nakal sehingga membuat Anda jengkel. Kebiasaan kucing yang terkadang suka buang air besar (BAB) sembarangan, khususnya di halaman rumah, pastinya sangat merepotkan.

Hal ini dikarenakan Anda harus membersihkan kotoran mereka setelah mereka BAB di tempat tersebut. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk menghentikan kebiasaan ini. 

Berikut ini enam cara agar kucing tidak bab di halaman rumah yang bisa Anda terapkan.

1. Sediakan Litter Box

Menyediakan litter box bisa dijadikan solusi untuk mencegah kucing Anda tidak BAB di halaman rumah. Tidak cukup hanya melakukan cara ini, Anda juga perlu membiasakan kucing Anda untuk buang air di dalamnya.

Jika kucing sudah terbiasa, maka lama kelamaan kebiasaan mereka bab di halaman rumah akan menghilang. Namun tentunya hal ini akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 bulan, bahkan hingga tiga bulan. Hal ini biasanya tergantung dari usia, jenis kucing, dan juga perilaku kucing itu sendiri.

2. Menyebarkan Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Kucing biasanya BAB di tempat tertentu termasuk halaman rumah untuk menandai wilayah mereka. Bila kucing Anda memiliki kebiasaan yang serupa, ada satu cara untuk menghentikannya.

Caranya adalah dengan menyebarkan aroma yang tidak disukai kucing seperti kulit jeruk, lemon,  mentol, lavender atau peppermint. Kucing merupakan hewan yang memiliki indra penciuman yang tajam sehingga cara ini pastinya akan berhasil.

Jika Anda memilih menggunakan kulit jeruk, Anda bisa memotongnya menjadi kecil-kecil kemudian letakan di sekitar halaman rumah. Atau bila Anda menggunakan aroma lainnya, cukup campurkan dengan air dan semprotkan di halaman rumah,

Walaupun cara ini hanya  memberikan efek dalam jangkaa pendek, namun cukup ampuh untuk membuat kucing Anda menjauh dari halaman rumah. Selain itu, cara ini tidak akan membahayakan kesehatan kucing.

3. Memanfaatkan Cahaya Matahari

Pada umumnya kucing memiliki mata yang sangat sensitif terhadap cahaya. Oleh karena itu, kucing cenderung lebih suka tidur siang di tempat-tempat tersembunyi. Hal ini juga bisa Anda manfaatkan agar kucing tidaak BAB di halam rumah Anda.

Caranya adalah dengan menggunakan botol bekas yang sudah diisi dengan air. Kemudian, letakkan botol-botol ini d pagar rumah, taman atau area-area yang biasa ditempati kucing untuk buang air

Anda bisa meletakkannya dalam posisi vertikal maupun horizontal. Dengan demikian, maka pantulan cahaya yang terpantul ke botol akan membuat botol agak bercahaya. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...