11 Cara Menghilangkan Kutu Kasur secara Alami dan Cara Mencegahnya

Tifani
Oleh Tifani
14 Oktober 2022, 15:08
cara menghilangkan kutu kasur secara alami
Katadata
Ilustrasi, cairan cuka untuk menghilangkan kutu kasur.

Keberadaan bedbugs atau kutu kasur tidak dapat diremehkan begitu saja. Bukan hanya menganggu, hama ini juga dapat menjadi sumber penyakit, terutama scabies dan penyakit sistem pernafasan.

Keberadaan kutu kasur tidak bisa dibasmi begitu saja dengan menggunakan obat serangga atau insektisida. Kutu kasur dapat dengan mudah berpindah pada pakaian, perabot, hingga perlengkapan tidur seperti bantal atau guling.

Advertisement

Sebagai informasi, kutu kasur merupakan salah satu jenis serangga yang meminum darah dan agresif pada malam hari. Tidak menutup kemungkinan, jika serangga ini bertelur dan berkembang biak pada kasur yang kotor.

Namun, permasalahan ini bukan tanpa penyelesaian. Kini ada berbagai cara menghilangkan kutu kasur secara alami. Dikutip dari laman halodoc.com, berikut cara menghilangkan kutu kasur secara alami.

1. Menjemur Kasur

Langkah sederhana yang pertama dalam menghilangkan kutu kasur adalah dengan menjemur kasur. Langkah sederhana ini cukup berpengaruh pada kebersihan kasur.

Jangan lupa juga untuk menjemur bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari langsung. Selama proses penjemuran, sebaiknya pindahkan barang-barang yang ada di kamar agar debu dan tungau tidak menyebar ke tempat lain.

2. Penguapan

Penguapan menggunakan ketel listrik menjadi tahap menghilangkan kutu kasur selanjutnya. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan ketel listrik, lalu tambahkan selang kecil dan uapkan ke sepanjang jahitan kasur.

Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela kasur. Usahakan agar semua sudut mendapatkan uap panas.

3. Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan multifungsi. Cara menghilangkan tungau kasur dengan bahan ini cukup menyemprotkan cuka ke tempat bersarang kutu kasur. Cuka tidak perlu dicampur dengan air, cukup pindahkan larutan cuka ke botol semprot.

4. Garam

Langkah selanjutnya, kamu bisa mencampurkan garam dan air, kemudian masukkan ke botol semprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kasur dan area lain yang menjadi sarang kutu kasur.

5. Silika Gel

Silika ampuh dalam menghilangkan kutu kasur jika ditaburkan ke seluruh kasur dan kamar. Saat kutu kasur menempel pada silika gel, mereka akan mati dengan sendirinya.

6. Kapur Barus dan Minyak Tanah

Langkah selanjutnya dalam menghilangkan kutu kasur adalah dengan menggunakan minyak tanah dan kapur barus. Caranya dengan mencampur minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tungau, atau kutu busuk. Campuran ini ampuh dalam membunuh kutu kasur dan sangat praktis karena menggunakan bahan yang mudah didapat.

7. Menggunakan Lilin

Lilin dapat digunakan untuk menghilangkan kutu kasur. Caranya cukup mudah, hanya perlu meneteskan cairan lilin yang telah dibakar ke celah tempat kutu kasur. Untuk takarannya sendiri, takaran dapat sesuaikan dengan kebutuhan. Cara alami ini cukup efektif untuk menghilangkan kutu kasur.

8. Mencuci Kasur dengan Air Panas

Langkah selanjutnya dalam menghilangkan kutu kasur adalah dengan mencuci barang dengan air panas. Sarung batal, sprei, boneka, bahkan karpet menjadi salah satu rumah kutu kasur.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement