Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya

Cara menghilangkan kutu rambut ada beragam, mulai dari menggunakan obat-obatan kimia, hingga campuran bahan-bahan alami. Di samping itu, apakah garam juga ampuh membasmi telur kutu?
Image title
21 Oktober 2021, 14:48
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya
Pexels.com
Ilustrasi menggaruk rambut.

Kutu rambut barangkali sudah menjadi masalah umum bagi sebagian orang. Sensasi gatal yang begitu mengganggu serta munculnya telur-telur kutu di permukaan rambut yang menjengkelkan sering kali memperburuk penampilan.

Lalu, apakah ada cara menghilangkan kutu rambut beserta telur-telurnya?

Sebelum menuju pembahasan inti, ada baiknya untuk mengetahui dari mana datangnya parasit penghisap darah ini. Berdasarkan riset Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), terdapat sekitar 6 hingga 12 juta kasus kutu rambut di Amerika Serikat yang menyerang anak usia 3-11 tahun.

Lantaran kutu hanya dapat bertahan 24 jam di luar kepala, sebagian besar parasit ini menyebar dari satu kepala ke kepala lainnya. Kontak langsung atau menggunakan barang secara bersama-sama, seperti topi, dapat memfasilitasi penularan kutu rambut.

Advertisement

Situasi umum yang dapat menyebabkan transfer kutu, di antaranya:

  • Duduk berdekatan dengan orang lain.
  • Tidur satu ranjang.
  • Berbagi sisir atau handuk.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Obat

Mengutip Healthline, berikut beberapa obat yang dapat membasmi kutu rambut:

Obat Aplikasi Peringatan
Malathion Oleskan obat ini ke rambut, lalu gosokkan ke rambut dan kulit kepala. Perawatan kedua mungkin diperlukan jika kutu terlihat atau kembali muncul setelah tujuh hingga sembilan hari perawatan. Memiliki efek samping berupa rasa hangat dan menyengat di kulit kepala, rambut kering, hingga ketombe.
Ivermectin Oleskan pada rambut dan kulit kepala yang kering. Bilas setelah 10 menit dengan air. Tidak untuk anak di bawah usia enam bulan.
Losion benzyl alkohol (Ulesfia) Oleskan losion ini ke kulit kepala dan rambut kering selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air. Perawatan berulang diperlukan, sebab obat ini membunuh kutu tetapi bukan telurnya. Tidak untuk anak di bawah enam bulan. Aman untuk ibu hamil dan menyusui.
Lindane Oleskan sampo ke rambut dan kulit kepala yang kering. Biarkan selama empat menit sebelum menambahkan air untuk busa. Bilas sesudahnya. Lindane menyebabkan efek samping yang serius. Gunakan hanya jika resep lain gagal. Tidak untuk bayi prematur, pengidap HIV, wanita yang sedang hamil atau menyusui, anak-anak, orang tua, atau mereka yang beratnya kurang dari 49 kilogram.

 

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

Selain obat-obatan di atas, kutu rambut bisa dibasmi dengan bahan alami alternatif, yakni minyak kayu putih. Dalam sebuah studi pada 2017, dikatakan bahwa sampo dengan kandungan minyak kayu putih lebih ampuh melenyapkan kutu rambut ketimbang sampo permethrin.

Bukan hanya itu, sebuh studi di Australia membuktikan bahwa campuran minyak kayu putih dan Leptospermum petersonii (EO/LP) efektif membasmi kutu rambut beserta telurnya. Hal tersebut terjadi sebab senyawa cineol pada minyak kayu putih dapat meracuni, menghambat pertumbuhan, hingga menurunkan fertilitas dan peletakan telur pada serangga seperti kutu.

Menyisir rambut dengan minyak kayu putih

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih bisa dilakukan dengan menyisir rambut yang basah. Caranya:

  • Siapkan sisir atau serit.
  • Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian kecil.
  • Oleskan minyak kayu putih pada sisir atau serit.
  • Sisir rambut dari akar sampai ujung rambut.
  • Setelah setiap sisiran, bilas dengan air panas, lalu oleskan lagi sisir atau serit dengan minyak kayu putih.
  • Jika semua bagian rambut sudah disisir, segera keramas.

Campuran minyak kayu putih dengan minyak zaitun

Kutu rambut juga bisa dibasmi dengan campuran minya kayu putih dan minyak zaitun. Berikut langkah-langkahnya:

  • Campurkan 15-20 tetes minyak kayu putih ke dalam 2 oz minyak zaitun.
  • Aduk hingga rata.
  • Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran ini ke kulit kepala.
  • Diamkan selama 12 jam atau semalaman.
  • Sisir rambut dan keramas hingga bersih.
  • Untuk hasil yang optimal, ulangi selama beberapa hari.

Minyak kayu putih dan jeruk nipis

Membasmi kutu rambut dengn minyak kayu putih bisa dilakukan dengan campuran jeruk nipis. Berikut caranya:

  • Tuang enam sendok makan minyak kayu putih dengan perasan dua buah jeruk nipis.
  • Oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala.
  • Pijat lembut kulit kepala agar lebih meresap.
  • Diamkan selama 2 jam.
  • Sisir rambut dan keramas.
  • Terakhir, bilas rambut dengan air hangat.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam, Apa Bisa?

Garam atau air garam dipercaya sebagian masyarakat dapat membunuh kutu rambut maupun telurnya. Namun, menurut Karen Sokoloff, salah satu pemilik LiceDoctors yang telah berkecimpung di bidang pengobatan kutu selama 20 tahun, mengatakan air garam tidak dapat membunuh kutu.

Bukan hanya itu, garam juga tidak dapat membunuh maupun mempengaruhi telur kutu. Tidak ada pengobatan, baik hemeopati atau farmasi, termasuk garam, yang 100% ovisidal (dapat membunuh telur). Telur kutu memiliki kulit yang keras dan garam tidak dapat menembusnya.

Namun, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengusir telur kutu, seperti mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala, mengoleskan campuran bawang putih yang sudah dihaluskan dengan air jeruk nipis, menggunakan campuran cuka dan minyak kelapa, atau meneteskan cairan lemon ke kulit kepala.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait