Menilik Ragam Peluang Usaha 2023 yang Menjanjikan

Anggi Mardiana
14 Oktober 2022, 10:49
peluang usaha 2023.
Freepik
Ilustrasi, peluang usaha 2023.

Hanya sekitar dua bulan lagi tahun 2022 akan berakhir, dan kita menatap 2023. Salah satu yang menjadi perhatian banyak orang, adalah seperti apa gambaran peluang usaha 2023.

Sejatinya, ada banyak peluang usaha yang bisa berkembang. Terlebih jika seseorang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, di mana banyak pelaku bisnis yang mulai bertransisi dari konvensional ke digital.

Perubahan transisi dari konvensional ke digital pun semakin gencar dilakukan dan diadaptasi selepas pandemi Covid-19. Kegiatan transaksi jual beli produk maupun jasa, bisa dilakukan melalui smartphone sehingga lebih cepat, menghemat waktu dan pengeluaran.

Rekomendasi Peluang Usaha 2023

Dewasa ini, banyak ide usaha yang dapat dilakukan oleh seseorang. Beberapa bisnis bahkan tidak memerlukan modal besar. Beberapa jenis usaha dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan, asal dialani secara serius.

Adapun, berikut ini adalah beberapa rekomendasi peluang usaha 2023 yang menjanjikan dan patut dipertimbangkan.

1. Bisnis Dropship

Di era digital, semua orang dengan mudah menjual dan membeli barang melalui e-commerce, karena terintegrasi dalam satu platform. Oleh karena itu, bisnis dropship menjadi salah satu peluang usaha 2023 yang menjanjikan.

Dropship adalah sebuah bentuk jual beli barang yang dilakukan dengan perorangan di mana penjual tidak melakukan penyetokan barang. Barang yang dijual disediakan oleh pihak lain yang berperan sebagai supplier. Bisa dikatakan bahwa dropship merupakan sistem jual beli yang biasa dilakukan secara online dengan menggunakan perantara.

2. Guru Les Online

Peluang usaha 2023 berikutnya yang bisa dipertimbangkan, adalah menjadi guru les online. Profesi ini cukup banyak diminati, sejak pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, saat aktifitas virtual menjadi hal yang umum.

3. Jasa Titip

Jasa titip bisa jadi peluang usaha 2023 yang menjanjikan, sebab dapat dilakukan tanpa mengeluarkan modal banyak. Layanan ini memiliki jangkauan yang luas, karena dilakukan secara online.

Jasa titip biasanya dicari oleh pembeli yang berasal dari luar daerah dan ingin membeli produk dari brand tertentu namun belum tersedia di tempatnya. Bahkan tidak hanya terbatas pada fashion saja, jasa titip bisa meliputi makanan atau minuman yang diperlukan.

4. Penulis dan Desain Grafis Freelance

Keterampilan menulis atau desain grafis juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Di era serba digital ini, permintaan untuk kedua hal tersebut cukup tinggi, sehingga berpotensi mendatangkan keuntungan.

Untuk memulainya pun tidak memerlukan modal yang banyak, cukup memiliki perangkat yang compatible untuk menulis atau desain serta jaringan internet yang memadai.

5. Pembuatan Website

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam membuat website, maka ini bisa jadi peluang usaha 2023 yang menarik. Terlebih saat ini banyak pelaku usaha kecil hingga menengah yang membutuhkan akses untuk membeli produk yang dijual melalui website.

6. Menjual Makanan atau Minuman

Menjual makanan atau minuman secara online, juga termasuk salah satu peluang usaha 2023 yang menjanjikan. Ini karena makin banyak orang yang memesan makanan dan/atau minuman secara online.

Jika memiliki kemampuan memasak, maka tak ada salahnya memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Bisnis menjual makanan atau minuman ini juga semakin mudah dilakukan, karena didukung oleh jasa transportasi online yang mengantarkan pesanan para pelanggan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...