17 Ide Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

Image title
5 September 2022, 18:41
ide usaha
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/foc.
Ilustrasi, seorang karyawan memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci di salah satu tempat usaha laundry. Jasa laundry termasuk salah satu jenis bisnis yang menjanjikan, dan layak untuk ditekuni.

Bisnis sampingan bisa menjadi solusi alternatif untuk mendatangkan penghasilan tambahan. Bahkan, beberapa ide usaha sampingan dapat dimulai dengan modal yang sedikit.

Sejak pandemi yang melanda dunia beberapa waktu lalu, aspek ekonomi menjadi sektor paling terdampak. Di Indonesia banyak sekali gaji karyawan dipotong. Sebagiannya lagi justru terpaksa dirumahkan. Agar keluar dari situasi sulit ini, beberapa orang mencoba untuk memulai usaha sampingan.

Ide usaha sampingan dengan modal sedikit bisa dilakukan oleh siapapun. Baik ibu rumah tangga sampai mahasiswa. Asalkan, mereka memiliki waktu luang dan bisa merencanakan bisnis sampingannya secara matang.

Orang yang ingin memulai bisnis sampingan biasanya terkendala pada modal. Keterbatasan ini kemudian membuatnya bingung untuk menentukan ide usaha sampingan seperti apa yang cocok dengan kondisi finansialnya.

Apa saja ide usaha sampingan yang menguntungkan dengan modal awal sedikit? Berikut ulasannya.

Ide Usaha 2022 untuk Ibu Rumah Tangga

Bekerja dan mencari nafkah merupakan tanggung jawab yang harus diemban oleh suami. Meski begitu, seorang istri tetap bisa berkontribusi untuk membantu keuangan keluarga.

Saat ini banyak sekali ide usaha yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Tak perlu modal besar, deretan ide bisnis sampingan di bawah ini dijamin bisa menghasilkan cuan lumayan asalkan digeluti secara serius.

Berikut beberapa ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga:

1. Bisnis Kue

Usaha kuliner adalah jenis bisnis sampingan yang banyak diminati dan punya peluang menjanjikan. Misalnya, usaha pembuatan kue yang kini tengah menjadi trend di kalangan ibu rumah tangga.

Jasa pembuatan kue untuk ulang tahun, pesta pernikahan, dan sebagainya dapat menjadi ide usaha dengan modal kecil. Asalkan memiliki skill membuat kue, bisnis ini dianggap bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan. 

2. Bisnis Makanan dan Katering

Peluang usaha makanan dan katering sangat menjanjikan. Apalagi jenis bisnis sampingan ini cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang di rumah.

Untuk memulai usaha katering makanan, seorang ibu rumah tangga tidak perlu mengeluarkan modal besar. Cukup dengan memasak sesuai pesanan konsumen, maka bisnis ini dapat menjadi sumber pendapatan baru.

3. Bisnis Menjahit

Menjahit pakaian di waktu luang ternyata bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Apalagi, jenis usaha ini bisa dilakukan di rumah. Sehingga sangat cocok digeluti oleh ibu rumah tangga.

Membuka jasa menjahit, terutama di lingkungan perumahan bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Apalagi saat ini harga mesin jahit bekas cukup terjangkau. 

Modal paling besar untuk memulai bisnis ini adalah kemampuan menjahit pakaian yang rapi. Sehingga, konsumen yang menggunakan jasa ini bisa merasa puas.

4. Bisnis Laundry

Sejak beberapa tahun ke belakang, jasa cuci pakaian atau laundry memang sangat populer. Khususnya di wilayah padat pemukiman dan banyak ditinggali mahasiswa.

Sebagai ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, modal awal untuk memulai jasa laundry terbilang cukup kecil. Modal buka laundry diperkirakan Rp 5 juta. 

Jika digeluti secara serius, angka tersebut bisa mendatangkan laba atau keuntungan menjanjikan di kemudian hari.

5. Bisnis Jualan Online 

Di era sekarang, keberadaan e-commerce sudah sangat familiar. Terutama di masyarakat perkotaan. Apalagi, setiap bulannya ada saja orang yang mengandalkan platform tersebut untuk berbelanja.

Bisnis jualan online untuk ibu rumah tangga sangat dianjurkan. Terlebih, beberapa produk atau barang bisa dijual dengan modal awal yang sedikit. Seperti aksesoris, hiasan rumah, serta lainnya.

Apabila tidak memiliki modal banyak, ibu rumah tangga juga bisa menjadi  dropshipper

Mengutip Majoo.id, dropshipper adalah orang menjual produk milik pihak lain, tanpa harus menyetok dan mengirimkan pesanan kepada konsumen. Barang yang dijual itu, akan dikirimkan oleh pihak ketiga atau produsen.

Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Menjadi seorang wirausaha bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk karyawan yang telah memiliki pekerjaan. Dengan bisnis sampingan, seorang karyawan bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang menguntungkan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa ide usaha sampingan bermodal kecil untuk karyawan yang menguntungkan:

1. Membuka Warung Kopi

Jenis usaha yang bisa dilakukan karyawan dengan modal kecil adalah membuka warung kopi. Meski saat ini banyak sekali coffee shop atau cafe, namun kepopuleran warung kopi sebagai tempat nongkrong masih diminati masyarakat.

Warung kopi menjadi pilihan alternatif bagi karyawan yang ingin punya usaha sampingan. Bukan hanya menguntungkan, modal awal untuk membuka bisnis ini juga relatif kecil, yaitu Rp 5 juta.

Namun demikian, angka di atas belum termasuk biaya sewa tempat. Jadi, apabila tertarik dengan usaha ini maka coba rinci terlebih dahulu modal dan biaya operasionalnya.

2. Ternak Ikan Konsumsi atau Ikan Hias

Ternak ikan bisa menjadi solusi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebagai contoh, ternak lele di ember yang bisa dimulai dengan modal sedikit.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...