10 Prospek Kerja Analis Kesehatan yang Menjanjikan dan Gemilang

Tifani
Oleh Tifani
14 Oktober 2022, 18:56
prospek kerja analis kesehatan
Katadata
Ilustrasi Food and Nutrition Research.

Masyarakat sebagian besar masyarakat lebih mengenal profesi dokter, perawat serta bidan. Padahal, ada satu profesi di bidang medis yang juga memegang peranan penting, yakni analis kesehatan. Seperti profesi dibidang medis lainnya, prospek kerja analis kesehatan tidak kalah cerah dan menjanjikan.

Jurusan analis kesehatan, atau yang disebut juga teknologi laboratorium medis, merupakan program studi di bidang kesehatan yang bertujuan melahirkan seorang ahli teknologi laboratorium medik, atau analis kesehatan yang berketerampilan tinggi.

Analis kesehatan diharapkan dapat melakukan pemeriksaan, penetapan, pengukuran, serta pengujian terhadap bahan (cairan dan jaringan tubuh) yang berasal dari manusia maupun bukan. Tujuan dari pekerjaan ini, adalah untuk menentukan jenis dan penyebab penyakit.

Selain itu, untuk melihat kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan sarana laboratorium kesehatan yang tersedia. Walau bisa dibilang biaya kuliah analis kesehatan lumayan mahal, namun itu menjanjikan prospek kerja yang gemilang.

Lulusan analis kesehatan akan dibutuhkan di banyak laboratorium maupun klinik yang tersedia. Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut 10 pilihan pekerjaan yang dapat ditekuni lulusan analis kesehatan.

1. Bekerja di Laboratorium Rumah Sakit

Lulusan analis kesehatan memiliki kesempatan untuk bekerja di laboratorium rumah sakit (RS). Alumni analis kesehatan nantinya akan ditugaskan untuk membantu tenaga medis, seperti dokter, untuk menganalisis penyakit yang diderita oleh pasien.

Kegiatan ini biasanya dilakukan ketika dokter masih belum bisa mendiagnosis secara jelas kondisi atau penyakit yang diderita pasiennya. Tentu saja tanggung jawab ini sangat besar, karena berkontribusi dalam menentukan langkah perawatan yang tepat bagi pasien.

2. Membuka Laboratorium Diagnostik

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan analis kesehatan yaitu membuka laboratorium diagnostik. Dengan berbekal ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama kuliah, membuka laboratorium diagnostik bisa menjadi salah satu pilihan. Laboratorium yang dibuka nantinya dapat bisa bekerja sama dengan klinik atau rumah sakit yang lebih besar.

3. Bekerja di Bidang Farmasi

Salah satu posisi pekerjaan di dunia Kesehatan yang dapat ditempati lulusan analis Kesehatan yaitu bekerja di bidang farmasi. Pekerjaan ini akan melibatkan alumni analis Kesehatan dalam proses pembuatan dan pengemasan obat-obatan.

Berbekal ilmu pengetahuan tentang bidang farmasi yang telah didapatkan selama mengukuti kuliah, bisa menjadi modal yang kuat untuk bekerja di perusahaan farmasi.

4. Food and nutrition research

Tugas food and nutrition research adalah melakukan penelitian kandungan makanan yang layak dikonsumsi masyarakat. Bidang ini tentunya selain membutuhkan pemahaman detail mengenai suatu kandungan nutrisi makanan, juga harus paham tentang obat-obatan yang terdapat didalamnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...