10 Cara Mengetahui Usia Kehamilan Kucing

Destiara Anggita Putri
14 Oktober 2022, 20:47
Cara Mengetahui Usia Kehamilan Kucing
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Sebagai makhluk hidup, sudah sewajarnya kucing memiliki insting untuk bereproduksi. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui kapan kucing betina birahi. Alhasil, ketika kucing hamil, mereka tidak tahu bagaimana cara merawatnya hingga melahirkan.

JIka Anda tidak ingin hal itu terjadi, sebaiknya perlu belajar cara mengetahui usia kehamilan kucing. Dengan demikian, Anda tahu apa yang harus dilakukan agar kucing peliharaan Anda tetap sehat selama masa kehamilan.

Berikut ini, adalah ulasan mengenai ciri-ciri kucing hamil, serta cara mengetahui usia kehamilan kucing.

Ciri-Ciri Kucing Hamil

Sebelum membahas tentang usia kehamilan kucing, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu seperti apa kucing yang sedang hamil. Simak ciri-cirinya berikut.

1. Perhatikan Perut Kucing

Sama seperti manusia, ketika kucing betina hamil tentunya perut mereka akan membesar. Bila kucing Anda memiliki ciri yang sama, bisa jadi kucing Anda sedang hamil.

Hal ini pastinya membuat Anda merasa gemaas. Walaupun begitu, tetap berhati-hati ketika menyentuh perutnya agar tidak berisiko melukai kucing Anda atau anak-anaknya yang belum lahir.

Disisi lain, kucing yang mengalami pembesaran pada perutnya bisa jadi disebabkan oleh hal lain. Oleh karena itu, Anda harus memantaunya dengan cermat untuk melihat apakah kucing Anda memiliki gejala penyakit tertentu. Bila Anda merasa ragu, konsultasikan dengan dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Nafsu Makan Meningkat 

Pada umumnya, kucing yang sedang hamil cenderung memiliki nafsu makan yang besar. Tentunya hal ini juga akan membuat berat badannya bertambah.

Bisanya, kucing yang sedang hamil akan makan sekitar 1,5 kali lipat dari porsi normal  Nafsu makannya yang besar  pastinya membuat kucing harus mendapatkan makanan dan kalori ekstra. Oleh karena itu, pastikan stok makanan kucing yang dimiliki cukup.

Anda juga bisa menanyakan ke dokter hewan tentang makanan apa yang tepat untuk diberikan kepada kucing hamil. Biasanya dokter hewan akan merekomendasikan makanan yang diberi label untuk kucing hamil dan menyusui.

Peningkatan nafsu makan pada kucing juga bisa jadi merupakan gejala cacingan atau penyakit lainnya. Jika Anda khawatir,   periksakan kembali ke dokter hewan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada kucing Anda.

3. Lihat Perubahan Sikap pada Kucing

Hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui tentang kucing hamil adalah adanya perubahan sikap. Pada umumnya, kucing hamil mungkin berubah sikapnya menjadi  lebih keibuan.

Selain itu, kucing hamil juga sering mendengkur, mencari perhatian dan keributan ekstra. Jika kucing Anda juga bersikap serupa, periksakan saja kucing Anda ke dokter hewan untuk memastikannya.

Beberapa dokter hewan bahkan bisa mendiagnosis kehamilan  kucing 15 hari lebih dini setelah masa kehamilannya dimulai dengan menggunakan ultrasound. Selain itu, mereka juga akan memberikan indikasi tentang jumlah anak kucing yang akan lahir pada hari ke-40 kehamilan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...