5 Cara Meningkatkan Skill Listening Bahasa Inggris untuk Pemula

Destiara Anggita Putri
14 Oktober 2022, 22:09
cara meningkatkan skill listening bahasa inggris
Unsplash/J. Kelly Brito
Ilustrasi, seseorang belajar bahasa Inggris.

Membahas kemampuan bahasa Inggris, listening merupakan salah satu skill yang sulit dikuasai khususnya bagi pemula. Hal ini dikarenakan tidak semua orang familiar dengan pengucapan bahasa Inggris.

Membutuhkan waktu dan kesabaran untuk bisa menguasainya hingga level mahir. Walaupun bukan berarti tidak cara yang menyenangkan namun efektif untuk meningkatkan skill listening bahasa Inggris.

Jika Anda seorang pemula yang juga mengalami kesulitan yang sama, silahkan baca penjelasan lima cara meningkatkan skill listening bahasa Inggris di bawah ini.

1. Menonton Film-film Netflix

Menonton film merupakan salah sara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan listening Anda. Namun, bila Anda tidak memiliki waktu untuk menonton film berbahasa Inggris di bioskop, tonton saja di Netflix.

Netflix sendiri merupakan layanan streaming yang cukup populer di Indonesia dan pastinya menyediakan berbagai jenis film  yang bisa Anda tonton. Jika masih bingung memilih filmnya, Anda sebaiknya menonton film hollywood favorit dengan menggunakan subtitle terlebih dahulu. Selama menonton, catat kata-kata atau frasa yang menurut Anda sulit untuk dihafal 

Melakukan hal ini akan membuat skill listening kalian meningkat dengan sendirinya. Tentunya ketika menonton film Netflix, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan level bahasa Inggris yang dimiliki.

Dalam hal ini, jika Anda seorang pemula, Anda sebaiknya menonton film untuk anak-anak seperti kartun. Film-film seperti ini biasanya masih menggunakan kosakata yang mudah diucapkan serta tidak banyak menggunakan kata-kata slang.

2. Menonton Video YouTube Berbahasa Inggris

Tidak hanya menonton film Netflix, YouTube juga menjadi media bagi Anda yang ingin meningkatkan skill listening bahasa Inggris. Terlebih lagi bila Anda tidak memiliki biaya untuk berlangganan Netflix tentunya Youtube merupakan alternatif terbaik.

Dengan menonton Youtube, Anda bisa memiliki kesempatan untuk mendengarkan bahasa Inggris secara langsung. Ada berapa channel yang bisa Anda tonton seperti Easy English yang cocok untuk pemula atau TEDx Talks untuk level intermediate. Cukup sesuaikan dengan level kemampuan Anda.

Untuk permulaan, tonton video Youtube yang Anda pilih dengan subtitle. Jika Anda sudah mahir,   usahakan untuk menontonnya tanpa subtitle. Selama menonton, caatat kata-kata atau frasa yang diucapkan agar kalian bisa menggunakannya ketika praktek bahasa Inggris dengan orang lain. 

3. Mendengarkan Radio Berbahasa Inggris

Mendengarkan radio mungkin sudah tidak lagi dilakukan masyarakat di zaman sekarang. Namun aktivitas ini justru bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan skill listening Anda.

Ada banyak radio yang memiliki program bahasa Inggris yang bisa Anda pilih. Misalnya, Anda bisa memilih program TuneIn yang menyediakan berbagai siaran radio dari sejumlah negara berbahasa Inggris. 

Atau Anda juga mendengarkan program lainya seperti BBC Radio, CBC Radio, ABC Radio, dan lain sebagainya. Tentunya  program yang Anda pilih harus sesuai dengan kemampuan Anda. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement