4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami dan Aman

Anggi Mardiana
18 Oktober 2022, 20:26
Cara Menghilangkan Bruntusan
Freepik
Ilustrasi, bruntusan.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa Anda coba menggunakan cara alami sehingga lebih terjamin keamanannya daripada menggunakan pengobatan kimia. Dengan begitu, kulit wajah bisa terasa bersih dan sehat kembali.

Bruntusan terjadi karena penyumbatan kelenjar di wajah. Jerawat kecil ini bisa terjadi karena kedinginan dan iritasi kulit. Ukurannya lebih kecil dari jerawat. Namun, jika dipegang akan terasa bintil kecil dan kasar. Meski hampir tidak tampak, tapi bruntusan sulit dihilangkan jika wajah tidak dirawat.

Advertisement

Bruntusan di wajah tentunya akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dan cukup mengganggu sehingga tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Kulit bruntusan biasanya ditandai dengan munculnya sejumlah benjolan di kulit, akibatnya tekstur pada kulit jadi tidak rata dan kasar.

Penyebab Bruntusan di Wajah

Selain menimbulkan perasaan tidak nyaman, bruntusan di wajah terkadang disertai rasa gatal dan ruam kemerahan. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa hal di antaranya komedo, jerawat, milia dan kulit kering. Jika Anda mengalami kondisi ini dianjurkan untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

Timbulnya bruntusan di wajah karena timbulnya jerawat, komedo dan milia diakibatkan oleh pori-pori wajah yang tersumbat. Adapun pada kulit kering, bruntusan biasanya diawali dengan adanya pengelupasan sel kulit yang terjadi secara berlebihan. Jika dibiarkan, sel bisa menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Tidak hanya itu, adapun faktor risiko lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kulit bruntusan seperti obesitas, perubahan hormon, faktor keturunan, masa pubertas dan kehamilan. Meski tidak berbahaya, Anda tetap harus melakukan perawatan untuk mencegah bruntusan muncul kembali.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Dari pembahasan sebelumnya, Anda telah mengetahui bahwa ada beberapa penyebab bruntusan salah satunya jerawat. Nah untuk cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami yang disebabkan oleh jerawat atau kulit kering, Anda bisa menggunakan beberapa cara yang kami lansir dari healthine.com:

1. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Minyak teh diekstaksi dari daun melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. Minyak pohon teh ini memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada kulit. Salah satu studi menjelaskan bahwa 5% gel minyak pohon teh hampir 4 kali efektif mengurangi keparahan jerawat daripada placebo.

Adapun berikut cara menghilangkan bruntusan di wajah menggunakan minyak pohon teh:

• Silahkan campurkan 1 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh minyak pembawa
• Celupkan kapas ke dalam campuran minyak lalu oleskan secara langsung ke wajah bruntusan
• Oleskan pelembab
• Ulangi proses ini 1-2 sehari sesuai dengan kebutuhan

2. Menggunakan Minyak Esensial

Tidak hanya minyak pohon teh, ada sejumlah minyak esensial lain yang bisa dicoba dan memiliki sifak antibakteri serta anti inflamasi sehingga bisa membantu membersihkan bruntusan dengan cepat. Di antaranya minyak esensial kayu manis, cengkeh dan lavender.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement