20 Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami

Bruntusan merupakan jerawat kecil yang biasanya berada di dahi, pipi, dan area hidung. Kondisi kulit ini menjadi masalah beberapa orang. Berikut 20 cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami.
Dwi Latifatul Fajri
8 September 2021, 13:33
20 Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami
pixabay.com
Ilustrasi permasalahan bekas jerawat

Beruntusan atau bruntusan menjadi masalah beberapa orang. Gangguan kulit ini biasanya berupa jerawat kecil atau jerawat pasir yang berada di wajah. Lokasinya di sekitar dahi, pipi, dan area hidung.

Mengutip dari healthline.com, sebanyak 85% orang memiliki bruntusan di wajah mereka. Bruntusan terjadi karena penyumbatan kelenjar di wajah. Jerawat kecil ini bisa terjadi karena kedinginan dan iritasi kulit.

Ukurannya lebih kecil dari jerawat. Namun, jika dipegang akan terasa bintil kecil dan kasar. Meski hampir tidak tampak, tapi bruntusan sulit dihilangkan jika wajah tidak dirawat. Keberadaannya juga mengganggu kepercayaan diri.

Bruntusan dapat hilang dengan rutin memakai perawatan kulit. Berikut ini cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. 

Advertisement

Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami

1. Suplemen minyak ikan

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega 3. Minyak ikan mengandung dua jenis utama asam lemak omega-3, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Kandungan asam lemak ini mengurangi peradangan dan resiko jerawat. Selain suplemen, asam lemak bisa didapat dari makan salmon, sarden, ikan teri, kenari, biji chia, dan biji rami tanah.

2. Kurangi konsumsi susu

Salah satu penyebab bruntusan adalah susu. Susu dan produk susu mengandung hormon IGF-1. Hormon ini bisa menyebabkan jerawat. Jika kalian ingin mengurangi bruntusan, sebaiknya kurangi bahan makanan jenis ini.

3. Minyak esensial

Minyak esensial mengandung antibakteri dan anti-inflamasi dapat membantu membersihkan jerawat. Cara menyembuhkan bruntusan dengan minyak esensial yaitu:

  • Campurkan 10 tetes minyak esensial dengan 1 ons (30 mililiter) minyak pembawa.
  • Celupkan tetesan minyak ke kapas dan oleskan langsung ke jerawat.
  • Setelah merata kemudian oleskan pelembab, jika diinginkan.
  • Ulangi proses ini satu sampai dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

4. Bawang

Bawang menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk melawan kuman dan infeksi. Senyawa organosulfur dalam bawang putih berguna sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Selain itu bawang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, satu siung bawang putih bisa dikunyah langsung. Selain itu bawang putih bisa dihaluskan lalu dioleskan pada roti panggang, dan dibuat minuman panas.

Anda juga bisa membeli bubuk atau kapsul bawang putih di toko. Jangan gunakan langsung bubuk bawang putih ke jerawat. Hal ini bisa menyebabkan iritasi kulit.

5. Minyak jojoba

Minyak jojoba terbuat dari ekstrak tanaman jojoba. Kandungan zat lilin dalam minyak jojoba bisa memperbaiki kulit rusak, penyembuhan luka, sampai jerawat.

Minyak ini juga dapat mengurangi peradangan, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Cara membuat minyak jojoba untuk atasi bruntusan adalah campuran bahan.

Campurkan minyak jojoba dengan charcoal kemudian oleskan pada bruntusan. Minyak jojoba juga bisa menjadi masker dan krim untuk dioleskan ke wajah. Cara lain adalah meneteskan minyak jojoba dengan kapas kemudian gosok perlahan.

6. Bunga rosemary

Bunga rosemary mengandung antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Bunga ini bisa mengobati jerawat dengan cara dioleskan ke wajah.

7. Racun lebah yang dimurnikan

Berdasarkan penelitian pada 2013, racun lebah yang dimurnikan dapat menghancurkan bakteri P. acnes. Sementara itu studi pada  2016 menguji racun lebah untuk gel wajah. Selama enam minggu pemakaian, beberapa orang bisa mengurangi jerawat dari tingkat ringan sampai sedang.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung anti-inflamasi dan antibakteri. Minyak kelapa juga mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Minyak ini dapat mengobati bruntusan dan jerawat di wajah.

Caranya, oleskan minyak kelapa di bagian wajah yang terkena bruntusan. Lakukan setiap hari dan rutin. Maka kulit akan menjadi lembab dan bruntusan berkurang.

9. Lidah buaya

Lidah buaya didapat dari tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Sekarang ini banyak produk perawatan kulit mengandung lidah buaya. Bahkan gel lidah buaya bisa digunakan untuk sabun, krim, salep, dan lotion.

Lidah buaya bisa melembabkan kulit. Fungsi lain lidah buaya yaitu mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan melawan peradangan. Anda bisa mengoleskan lidah buaya dari tanaman. Oleskan pada bagian bruntusan secara rutin.

10. Lemon

Lemon bisa menjadi bahan campuran masker alami. Campuran lemon dan lidah buaya membuat wajah segar, membersihkan pori-pori, sampai membunuh bakteri.

Cara buat masker lemon adalah:

  • Siapkan seperempat sendok teh jus lemon
  • Lalu, campurkan dengan dua sendok makan lidah buaya

Gunakan ration jus lemon dan lidah buaya 8 dibanding 1. Ratio jus lemon lebih sedikit untuk mencegah iritasi karena keasaman lemon. Setelah bahan dicampur oleskan ke wajah. Tunggu sekitar lima sampai sepuluh menit kemudian bilas.

11. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi. Orang yang berwajah bruntusan tidak memiliki banyak minyak tubuh alami yang menyebabkan pori-pori melebar. Antioksidan membantu tubuh memecah bahan kimia dan produk limbah yang dapat merusak sel-sel sehat.

Teh hijau juga berfungsi membantu membersihkan beberapa kotoran dan limbah yang menumpuk di luka jerawat terbuka. Selain itu teh hijau juga berfungsi mengurangi peradangan dan produksi sebum kulit.

Cara menggunakannya, teh hijau murni bisa diminum secara rutin. Jenis teh ini juga dapat digunakan sebagai masker wajah.

12. Tea tree oil

Minyak pohon teh dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Manfaat lain adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami.

Cara menggunakannya, oleskan ekstrak minyak pohon teh atau campur dengan minyak esensial. Jika minyak pohon teh berbentuk krim dan gel, maka sebaiknya diencerkan terlebih dahulu.

13. Suplemen mengandung zinc

Zinc dapat membantu mengobati luka dan peradangan. Beberapa orang mengonsumsi suplemen zinc sebanyak 30 samapi 45 miligram per hari. Konsumsi suplemen ini bisa mengatasi bruntusan.

Namun, Anda harus berhati-hati jika mengonsumsi suplemen zinc. Efek sampingnya adalah sakit perut dan iritasi usus. Pastikan dosesis tidak melebihi 40 miligram sehari.

14. Es batu

Pemakaian es batu di kulit dapat mengurangi pembengkakan, gatal, nyeri, dan kemerahan. Es batu jadi bahan alami dan sederhana mengobati bruntusan.

Oleskan es batu dan ratakan pada wajah bruntusan. Lakukan secara rutin untuk mengurangi jerawat kecil di wajah. Lakukan tiga hari sekali secara rutin.

15. Masker putih telur

Meski belum dapat dibuktikan secara ilmiah, masker putih telur bisa jadi alternatif mengurangi bruntusan. Masker putih telur dapat membersihkan kulit dan mengangkat kotoran.

16. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol. Senyawa ini melawan bakter dan mengobati bruntusan. Caranya cukup teteskan minyak esensial dan cengkeh. Kemudian oleskan pada wajah.

17. Cuka apel

Cuka apel terbuat dari fermentasi sari dan jus apel. Bahan makanan ini dapat melawan bakteri dan jamur. Kandungan lain adalah asam sitrat yang mengurangi jerawat.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan satu sendok cuka apel dengan tiga sendok air. Gunakan air lebih banyak untuk kulit sensitif.
  • Kemudian oleskan secara lembut dengan tangan atau kapas.
  • Diamkan selama lima sampai 20 detik.
  • Setelah itu bilas wajah dengan air bersih.
  • Pakai cukap apel untuk mengurangi bruntusan sebanyak satu sampai dua kali per hari.
  • Hentikan perawatan bruntusan dengan cuka apel jika menyebabkan iritasi dan luka bakar.

18. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak esensial yang bisa kurangi jerawat. Caranya oleskan minyak zaitun ke wajah secara rutin. Beberapa produk perawatan kulit biasanya juga mengandung bahan ini.

19. Masker madu dan kayu manis

Campuran madu dan kayu manis bagus untuk mengurangi bruntusan. Selain itu kulit juga dapat menjadi lebih lembab dan segar. Caranya campur ekstrak lidah buaya, madu, dan kayu manis. Cara membuat masker yaitu:

  • Pakai dua sendok makan madu murni.
  • Campurkan dengan satu sendok makan lidah buaya.
  • Campurkan kedua bahan sampai encer.
  • Campurkan seperempat sendok makan bubuk kayu manis.
  • Setelah jadi oleskan secara merata ke wajah.
  • Tunggu lima hingga 10 menit mengering kemudian bilas dengan air.

Lakukan perawatan masker lidah buaya, kayu manis, dan madu secara rutin untuk mengurangi bruntusan.

20. Terapkan witch hazel

Hazel merupakan tanaman yang baik untuk atasi bruntusan. Tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana ini berasal dari Amerika Utara. Kandungan witch hazel ini memiliki antibakteri dan anti-inflamasi.

Selain mengobati jerawat, hazel bisa digunakan untuk mengobati kulit seperti eksim, varises, luka bakar, memar, gigitan serangga, dan ketombe. Berikut langkah untuk memakainya:

  • Campur satu sendok makan kulit witch hazel dan satu cangkir air dalam panci kecil.
  • Rendam campuran tersebut selama 30 menit. Kemudian didihkan di atas kompor.
  • Saring dan simpan cairan tersebut pada wadah tertutup.
  • Setelah itu oleskan cairan memakai kapas ke wajah bruntusan.
  • Lakukan satu sampai dua kali sehari sesuai keinginan.

Itulah 20 bahan alami untuk mengobati bruntusan di wajah. Jika mengalami luka dan iritasi, maka sebaiknya berhenti memakainya dan lakukan konsultasi ke dokter kulit.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait