20 Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami

Dwi Latifatul Fajri
8 September 2021, 13:33
20 Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami
pixabay.com
Ilustrasi permasalahan bekas jerawat

Beruntusan atau bruntusan menjadi masalah beberapa orang. Gangguan kulit ini biasanya berupa jerawat kecil atau jerawat pasir yang berada di wajah. Lokasinya di sekitar dahi, pipi, dan area hidung.

Mengutip dari healthline.com, sebanyak 85% orang memiliki bruntusan di wajah mereka. Bruntusan terjadi karena penyumbatan kelenjar di wajah. Jerawat kecil ini bisa terjadi karena kedinginan dan iritasi kulit.

Ukurannya lebih kecil dari jerawat. Namun, jika dipegang akan terasa bintil kecil dan kasar. Meski hampir tidak tampak, tapi bruntusan sulit dihilangkan jika wajah tidak dirawat. Keberadaannya juga mengganggu kepercayaan diri.

Bruntusan dapat hilang dengan rutin memakai perawatan kulit. Berikut ini cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. 

Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami

1. Suplemen minyak ikan

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega 3. Minyak ikan mengandung dua jenis utama asam lemak omega-3, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Kandungan asam lemak ini mengurangi peradangan dan resiko jerawat. Selain suplemen, asam lemak bisa didapat dari makan salmon, sarden, ikan teri, kenari, biji chia, dan biji rami tanah.

2. Kurangi konsumsi susu

Salah satu penyebab bruntusan adalah susu. Susu dan produk susu mengandung hormon IGF-1. Hormon ini bisa menyebabkan jerawat. Jika kalian ingin mengurangi bruntusan, sebaiknya kurangi bahan makanan jenis ini.

3. Minyak esensial

Minyak esensial mengandung antibakteri dan anti-inflamasi dapat membantu membersihkan jerawat. Cara menyembuhkan bruntusan dengan minyak esensial yaitu:

  • Campurkan 10 tetes minyak esensial dengan 1 ons (30 mililiter) minyak pembawa.
  • Celupkan tetesan minyak ke kapas dan oleskan langsung ke jerawat.
  • Setelah merata kemudian oleskan pelembab, jika diinginkan.
  • Ulangi proses ini satu sampai dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

4. Bawang

Bawang menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk melawan kuman dan infeksi. Senyawa organosulfur dalam bawang putih berguna sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Selain itu bawang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, satu siung bawang putih bisa dikunyah langsung. Selain itu bawang putih bisa dihaluskan lalu dioleskan pada roti panggang, dan dibuat minuman panas.

Anda juga bisa membeli bubuk atau kapsul bawang putih di toko. Jangan gunakan langsung bubuk bawang putih ke jerawat. Hal ini bisa menyebabkan iritasi kulit.

5. Minyak jojoba

Minyak jojoba terbuat dari ekstrak tanaman jojoba. Kandungan zat lilin dalam minyak jojoba bisa memperbaiki kulit rusak, penyembuhan luka, sampai jerawat.

Minyak ini juga dapat mengurangi peradangan, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Cara membuat minyak jojoba untuk atasi bruntusan adalah campuran bahan.

Campurkan minyak jojoba dengan charcoal kemudian oleskan pada bruntusan. Minyak jojoba juga bisa menjadi masker dan krim untuk dioleskan ke wajah. Cara lain adalah meneteskan minyak jojoba dengan kapas kemudian gosok perlahan.

6. Bunga rosemary

Bunga rosemary mengandung antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Bunga ini bisa mengobati jerawat dengan cara dioleskan ke wajah.

7. Racun lebah yang dimurnikan

Berdasarkan penelitian pada 2013, racun lebah yang dimurnikan dapat menghancurkan bakteri P. acnes. Sementara itu studi pada  2016 menguji racun lebah untuk gel wajah. Selama enam minggu pemakaian, beberapa orang bisa mengurangi jerawat dari tingkat ringan sampai sedang.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung anti-inflamasi dan antibakteri. Minyak kelapa juga mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Minyak ini dapat mengobati bruntusan dan jerawat di wajah.

Caranya, oleskan minyak kelapa di bagian wajah yang terkena bruntusan. Lakukan setiap hari dan rutin. Maka kulit akan menjadi lembab dan bruntusan berkurang.

9. Lidah buaya

Lidah buaya didapat dari tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Sekarang ini banyak produk perawatan kulit mengandung lidah buaya. Bahkan gel lidah buaya bisa digunakan untuk sabun, krim, salep, dan lotion.

Lidah buaya bisa melembabkan kulit. Fungsi lain lidah buaya yaitu mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan melawan peradangan. Anda bisa mengoleskan lidah buaya dari tanaman. Oleskan pada bagian bruntusan secara rutin.

10. Lemon

Lemon bisa menjadi bahan campuran masker alami. Campuran lemon dan lidah buaya membuat wajah segar, membersihkan pori-pori, sampai membunuh bakteri.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...