Menelaah Rumus Kelvin ke Celcius Beserta Contoh Soalnya

Dwi Latifatul Fajri
18 Oktober 2022, 23:20
rumus kelvin ke celcius
Freepik
Ilustrasi, termometer.

Pengukuran suhu menggunakan alat ukur yang disebut termometer. Prinsip kerja termometer yaitu menggunakan sifat-sifat fisika benda atau zat perubahan suhu. Suhu yang berubah ini terjadi karena proses pemuaian dan penyusutan.

Termometer dibuat untuk mengetahui gejala perubahan volume zat cair. Melalui pipa kapiler dalam termometer dapat mengetahui perubahan suhu. Pembuatan skala termometer menetapkan dua titik sebagai acuan, yaitu titik bawah dan titik atas.

Ada 4 jenis skala suhu yaitu Kelvin (K), Reamur (R), Fahrenheit (F), dan Celcius (C). Skala suhu Kelvin menggunakan satuan K dan tidak menggunakan derajat. Tetapi skala Kelvin menggunakan nol mutlak.

Mengutip dari gramedia.com, nol Kelvin artinya tidak ada energi panas sama sekali pada sebuah benda. Selain itu Kelvin menjadi skala suhu pada Satuan Internasional (SI). Rumus Kelvin ke Celcius menggunakan jarak skala yang sama yaitu 100 satuan skala.

Skala Kelvin dan Rumus Kelvin ke Celcius

Skala Kelvin dipakai para ilmuwan untuk mengukur suhu. Kelvin ditemukan oleh ahli fisika bernama Sir William Thomson Kelvin (1824-1907). Ahli fisika ini juga membuat skala termometer.

Mengutip dari buku Fisika 1 SMP Kelas VII, menurut skala Kelvin es mencair pada suhu 273 K. Sedangkan air mendidih pada suhu 37 s K, dengan tekanan udara sebesar 1 atmosfer.

Jadi, skala Kelvin memiliki jarak skala yang sama dengan Celcius. Cara menghitungnya yaitu 373 K - 273 K = 100. Tetapi, penulisan satuan skala Kelvin tidak ditulis simbol derajat.

Adapun, suhu Celcius ditemukan oleh astronom dari Swedia bernama Anders Celsius (1701-1744). Ia juga membuat termometer untuk menentukan dua titik acuan.

Terdapat titik tetap bawah dari suhu es yang mencair dan diberi batas 0. Sedangkan titik tetap atas dari suhu air yang mendidih diberi batas 100. Jadi, skala Celcius dihitung berdasarkan jarak antara titik tetap bawah dan atas, yaitu 100 satuan skala.

Terkait penghitungan skala kelvin ke skala celcius, terlebih dahulu harus melihat pembagian skalanya, yakni 100 satuan derajat. Kenaikan 1 derajat celcius sama dengan kenaikan 1 suhu Kelvin. Maka rumus Kelvin ke Celcius yaitu :

T0C = TK – 273

Pun demikian dengan menghitung Celcius ke Kelvin, yang juga memperhatikan pembagian skalanya. Adapun, rumus Celcius ke Kelvin, adalah:

TK = T0C + 273

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...