10 Cara Mengobati Kutu Air Ala Rumahan

Tifani
Oleh Tifani
19 Oktober 2022, 10:13
Cara Mengobati Kutu Air
Katadata
Ilustrasi, cuka apel yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit kutu air.

Kutu air mudah muncul dan berkembang di kaki yang lembap. Meski bukanlah kondisi yang berbahaya, keberadaan kutu air di kaki dapat menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Untuk mengatasinya, ada cara mengobati kutu air membandel dan mencegahnya datang kembali.

Dikutip dari laman alodokter.com, kutu air disebabkan oleh jamur kulit yang memicu infeksi di area kaki, terutama bagian telapak kaki atau sela-sela jari kaki, maupun di tangan.

Saat terkena kutu air, seseorang akan merasa gatal di area kaki yang terinfeksi dan kulit menjadi bersisik, pecah-pecah, terkelupas, bahkan terasa perih. Berikut ini, 10 cara mengobati penyakit kutu air yang bisa dilakukan di rumah.

Cara Mengobati Kutu Air

Kutu air yang hinggap di kaki bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya, yakni sebagai berikut:

1. Salep Obat Anti Jamur

Kutu air dapat diobati dengan obat anti jamur, seperti miconazole, clotrimazole, atau terbinafine. Pengobatan ini biasanya berlangsung selama 1–2 minggu.

Sebelum menggunakan obat oles ini, bersihkan kaki terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun, lalu keringkan hingga sela-sela jari. Oleskan salep atau krim secukupnya di bagian kaki yang terinfeksi.

Diamkan beberapa saat hingga obat tampak mengering. Pelu diingat, tidak dianjurkan untuk langsung memakai sepatu yang tertutup saat menggunakan obat ini.

2. Larutan Garam

Cara mengobati kutu air selanjutnya adalah dengan merendam kaki ke dalam air yang sudah dicampur dengan garam laut. Larutan garam dapat juga dicampur dengan tea tree oil, cuka, atau serbuk teh hijau.

Namun, perlu diketahui bahwa beragam campuran tersebut bukan untuk digunakan sebagai pengganti obat anti jamur. Campuran tersebut hanya berfungsi untuk mengurangi rasa gatal dan perih di kaki.

3. Meminum Obat Anti Jamur

Meski jarang terjadi, kutu air dapat semakin meluas ke area kulit lainnya, seperti paha, perut, tangan, atau bahkan rambut. Hal ini lebih sering terjadi pada kondisi imunitas tubuh yang lemah, misalnya pengguna kortikosteroid jangka panjang, kemoterapi, diabetes mellitus, dan penyakit HIV/AIDS.

Dokter akan meresepkan obat anti jamur yang diminum apabila infeksi sudah tidak terkendali lagi. Selain pengobatan di atas, apabila di lokasi kutu air timbul luka borok atau lepuhan berisi nanah, kondisi tersebut kemungkinan dipicu oleh infeksi selain jamur, misalnya infeksi bakteri di kulit.

Untuk mengatasinya, dokter akan meresepkan obat antibiotik, baik dalam bentuk salep atau obat minum, tergantung keparahan penyakitnya.

4. Tea Tree Oil

Kandungan pada tea tree oil sudah tidak diragukan lagi. Bahan alami yang satu ini diklaim ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam masalah kulit, salah satunya kutu air.

Kandungan pada tea tree mampu membunuh berbagai macam jamur, kuman, dan bakteri penyebab masalah pada kulit. Tea tree oil juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah dampak negatif radikal bebas pada kulit.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...