Harus Waspada, Ini 10 Penyakit Kulit yang Muncul Saat Musim Hujan

Tifani
Oleh Tifani
18 Oktober 2022, 18:08
penyakit kulit yang muncul saat musim hujan
Katadata
Ilustrasi, penyakit kulit.

Saat musim penghujan tiba, tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit kulit. Cuaca yang lembab menjadi kondisi yang cocok untuk perkembangan kuman, bakteri, hingga virus. Selain flu, penyakit kulit sangat rentan terjadi pada musim hujan.

Penyakit kulit yang terjadi pada musim hujan disebabkan oleh beberapa faktor, seperti suhu cuaca yang lembap, terkena genangan air di jalan yang memiliki banyak spora jamur, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengendara motor yang menggunakan jas hujan juga berpeluang menghadirkan jamur. Pasalnya selama musim hujan terus diterpa air hujan dan air cipratan dari kendaraan lain. Genangan air di jalanan yang mengenai tubuh bisa menyebabkan gatal-gatal karena banyak spora jamur, sehingga harus cepat dibersihkan.

Penyakit Kulit yang Muncul Saat Musim Hujan

Ada banyak macam penyakit yang mengintai saat musim hujan. Oleh karena itu, setiap orang harus waspada. Mengutip laman rsinamira.com, berikut ini penyakit kulit yang muncul saat musim hujan.

1. Kutu Air

Salah satu penyakit kulit saat musim hujan yang patut diwaspadai ialah kutu air. Kutu air biasanya ditandai dengan ruam kemerahan yang lembap dan gatal di antara ibu jari atau jempol kaki. Kutu air disebabkan oleh kelembapan pada kaki yang meningkat akibat keringat, sepatu basah dan tertutup, dan tidak menggunakan alas kaki di tempat umum.

penting untuk selalu mencuci kaki dengan sabun dan air hangat sehabis berkeringat atau terkena becek saat hujan. Setelah itu, pastikan kaki benar-benar kering. Pilihlah kaus kaki berbahan katun, serta hindari menggunakan sepatu tertutup terlalu lama.

2. Kulit Merah-merah

Penyakit kulit saat musim hujan yang diwaspadai selanjutnya ialah kulit merah-merah. Kondisi kulit merah-merah sangat berbahaya bagi seseorang dengan kulit sensitif. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi merah-merah karena terlalu lama memakai kaus basah sehabis terkena hujan.

Biasanya kondisi ini terjadi pada area liptan tubuh. Jika basah akan mengalami gesekan, jadi kesat, dan mudah mengiritasi kulit. Iritasi ini ditandai dengan merah-merah, yang lama-kelamaan menjadi lecet, dan akhirnya merasa nyeri.

3. Penyakit Kurap

Penyakit kulit ketiga yang patut diwaspadai ialah penyakit kurap yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit ini dapat melibatkan seluruh bagian tubuh meliputi bokong, selangkangan, ketiak, tangan dan kaki, wajah, hingga kepala. Biasanya kondisi ini ditandai dengan ruam kemerahan berbentuk lingkaran yang sangat gatal dan dapat bersisik.

Penyakit kurap bisa terjadi karena keringat berlebih dan kelembapan yang meningkat. Untuk mencegahnya, penting untuk selalu menjaga kebersihan dengan menggunakan pakaian bersih setelah mandi, menjaga kuku tetap pendek, dan mencuci handuk dengan sabun dan air hangat.

4. Biang Keringat

Biang keringat menjadi salah satu penyakit kulit saat musim hujan tiba selanjutnya. Kondisi ini menimbulkan ruam kemerahan pada kulit yang mirip seperti jerawat. Kondisi ini disebabkan oleh keringat berlebihan yang menyumbat pori-pori kulit dan mencetuskan iritasi kulit.

Biang keringat sebenarnya biasa terjadi pada musim panas, namun pada sebagian orang dapat mengalaminya saat musim hujan akibat kelembapan yang meningkat. Untuk itu, gunakan pakaian berbahan katun dan jaga kulit tetap kering agar terhindari dari biang keringat.

5. Infeksi Kuku

Infeksi kuku oleh jamur dapat terjadi akibat kelembapan yang meningkat pada musim hujan. Tanda dan gejalanya seperti kuku mengalami perubahan warna, tampak rapuh, dan kasar.

Terkadang infeksi kuku dapat menyebabkan kulit di sekitarnya mengalami kemerahan, gatal, dan bengkak. Untuk mencegahnya, penting untuk selalu menjaga kebersihan sebaik mungkin. Jaga tangan dan kaki tetap bersih untuk mencegah bakteri masuk.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...