Melirik 4 Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Anggi Mardiana
19 Oktober 2022, 18:32
contoh surat keterangan pengalaman kerja
ANTARA FOTO/Henry Purba/wpa/YU
Ilustrasi, sejumlah pelamar kerja mengantre untuk mengikuti pameran Jakarta Job Fair di Tamini Square, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Contoh surat keterangan pengalaman kerja bisa menjadi informasi yang sangat berguna, terutama bagi seseorang yang ingin melamar kerja. Ini karena persaingan pencarian kerja kian sengit.

Beragam desain curriculum vitae (CV) untuk menarik perhatian pencari tenaga kerja bertebaran. Namun, penilaian untuk masuk kerja tidak hanya menilai dari desain CV saja. Melainkan, melihat kemampuan dan pengalaman calon pekerjanya.

Dokumen pengalaman kerja menunjukkan bagaimana pengalaman orang tersebut ketika bekerja di suatu perusahaan seperti kemampuan, etos kerja, pola pikir dan sebagainya. Oleh karena itu, surat pengalaman kerja dibutuhkan untuk kelengkapan melamar kerja nanti.

Format Pembuatan Surat Pengalaman Kerja

Sebelum membuat surat pengalaman kerja, Anda harus mengetahui formatnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja informasi yang perlu dicantumkan dalam dokumen tersebut.

Mengutip ekrut.co.id, secara umum, surat pengalaman kerja memiliki tiga komponen, yakni sebagai berikut:

1. Bagian Kepala Surat

Kepala surat merupakan bagian utama dalam pembuatan surat pengalaman kerja. Pada bagian ini, berisi informasi perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja, seperti nama perusahaan, logo, nomer telepon, alamat surel, dan alamat kantor.

2. Bagian Isi Surat

Ada beberapa informasi yang wajib ada pada bagian isi atau badan surat. Informasi tersebut yaitu nomor dan judul surat, identitas pembuat surat, identitas karyawan pemohon surat, dan pengalaman serta kemampuan kerja karyawan tersebut.

3. Bagian Penutup Surat

Pada bagian ini, terdapat nama pihak yang bertanggung jawab atas penerbitan surat tersebut. Biasanya yang bertanggung jawab atas surat ini adalah pemimpin bagian HRD atau manajer karyawan tersebut. Selain itu, disertakan tanda tangan dan stempel.

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Setiap perusahaan biasanya memiliki format surat masing-masing. Umumnya, format tersebut memiliki informasi yang hampir sama seperti data penulis surat, orang yang dibuatkan surat, dan keterangan selama bekerja.

Berikut 4 contoh surat keterangan pengalaman kerja yang dilansir dari ekrut.co.id:

1. Surat Pengalaman Kerja Umum

                                                                    PT ABC321
                                  Jln. Pangeran Diponegoro No. 52, Magelang
                                                           Telepon: (021) 567890
                              SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
                                                   Nomor: SKPK-01-/ABC123/2022

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Sumira
Jabatan: Kepala Bagian HRD
Alamat : Jln. Pangeran Diponegoro No. 52

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:
Nama : Hani Maryani
Jabatan : Staff Purchasing
NIK : 351678987654343

Telah bekerja untuk PT ABC321 dimulai tanggal 16 Maret 2020 hingga 15 Oktober 2022 dengan jabatan terakhir sebagai Staff Purchasing.

Selama bekerja menjadi karyawan kami, Saudari Hani Maryani telah menunjukkan kemampuan terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang telah ditentukan.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan dengan semestinya.

Magelang, 15 Oktober 2022

Kepala Bagian HRD PT ABC321

Sumira

2. Surat Pengalaman Kerja Bahasa Inggris
                                 

                                                                              PT ABC321
                                                Pangeran Diponegoro St. 52, Magelang
                                                                     Phone: (021) 567890
                                                                 Work Experience Letter
                                                          Number: SKPK-01-/ABC123/2022


Date of issuance: 2022, 10 October

To Whom It May Concern,

This letter certifies that Hani Maryani was an employee in the role of purchasing staff with PT ABC321 during the period beginning 16 March 2020 and ending 15 October 2022.

During this time with PT ABC321, Miss Hani Maryani has remained dedicated to her work and responsibility.  She has done an excellent job on every project we’ve given to her. Miss Hani Maryani has always maintained a professional and courteous attitude with our company.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...