Memahami Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun yang Realistis

Anggi Mardiana
26 Oktober 2022, 12:38
cara menabung 50 juta dalam setahun
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Menabung 50 juta dalam setahun terdengar besar bagi kita yang memiliki penghasilan sebesar upah minimum regional (UMR). Belum lagi dikurangi dengan biaya hidup dan kebutuhan lainnya.

Namun bukan tidak mungkin bagi kita untuk bisa menghasilkan 50 juta dalam setahun. Bagaimana cara menabung 50 juta dalam setahun?

Satu tahun kurang lebih terdiri dari 52 minggu maka untuk mencapai 50 juta dalam setahun, kamu harus menyisihkan uang sekitar 1 juta an seminggu. Nominal ini bisa digunakan untuk beragam tujuan misal DP rumah, menikah, pendidikan, asuransi atau merenovasi rumah.

Dengan komitmen dan tekad yang kuat nominal 50 juta bisa dicapai asalkan disiplin menyisihkan setiap minggunya. Apalagi jika kamu karyawan tetap yang memiliki gaji bulanan sebesar 7-8,5 juta-an.

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

Cara mencapai tabungan 50 juta dalam setahun bisa kamu capai sekalipun tidak memiliki penghasilan bulanan di atas 7 juta, berikut di antaranya:

1. Miliki Motivasi Menabung

Memiliki motivasi menabung merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan terlebih dahulu agar semangat dan konsisten menabung. Dalam hal ini, setiap orang tentunya memiliki rencana berbeda yang dijadikan sebagai motivasi.

Jika kita membuat target menabung 50 juta setahun untuk melanjutkan pendidikan maka ini akan membantu mencapai tujuan. Mulai dari membuat perencanaan tabungan dan membuat skema penyimpanan yang tepat sehingga lebih efektif.

2. Menggunakan Teori 50/20/30

Teori menabung 50/20/30 ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren yaitu seorang professor Harvard sekaligus seorang pakar keuangan. Dalam teori ini, Warren menyarankan untuk mengalokasikan pendapatan ke dalam 3 pos yaitu 50% untuk kebutuhan harian, 20% menabung dan 30% untuk gaya hidup.

Teori ini cocok diterapkan oleh kamu yang memiliki penghasilan 20 juta sebulan jika menabung dialokasikan 20%. Meski begitu, bagi kamu yang memiliki penghasilan 6 juta an tetap bisa melakukannya dengan mengurangi gaya hidup atau kebutuhan harian yang tidak urgent.

3. Mencari Kerja Sampingan

Bagi karyawan yang memiliki gaji Rp 4 juta-an tentunya sulit jika harus mengalokasikan semua pendapatan untuk menabung saja. Untuk menutupi kekurangan itu, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan dengan bayaran menggiurkan.

Pekerjaan sampingan online lebih cocok agar tidak mengganggu waktu bekerja dan pilihlah yang bisa dilakukan di luar jam kerja utama. Misalnya membuka bisnis online, menjadi penulis online atau membuka jasa pembuatan logo bagi kamu yang handal mengoperasikan PhotoShop.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...