Memahami Ciri-ciri Introvert Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Tifani
Oleh Tifani
28 Oktober 2022, 12:02
ciri-ciri introvert
Freepik
Ilustrasi, introvert.

Ada dua tipe kepribadian yang dimiliki oleh manusia, yaitu introvert dan ekstrovert. Introvert adalah orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau bersama satu atau dua orang teman dekat dibandingkan berada dalam keramaian.

Introvert adalah sebuah tipe kepribadian yang sering disalahartikan sebagai pemalu. Padahal, introvert dan pemalu tidaklah sama.

Orang yang pemalu cenderung merasa khawatir dan tidak nyaman ketika berada dalam situasi sosial tertentu, khususnya bila harus berinteraksi dengan orang yang tidak dikenalnya.

Ciri-ciri Introvert

Dilansir dari laman hellosehat.com, pada dasarnya introversion bukan gangguan mental yang kriterianya dijelaskan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5). M. Ciri-ciri introvet berikut ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah seseorang merupakan seorang introvert atau bukan.

1. Energi Terkuras saat Menghabiskan Waktu dengan Banyak Orang

Orang introvert tidak memiliki masalah bila harus berinteraksi dalam situasi sosial. Hanya saja, energinya mungkin terkuras bila berinteraksi dengan banyak orang dalam satu waktu.

Hal ini tentu berbeda dengan orang ekstrovert yang justru mendapatkan energi ketika bertemu dengan banyak orang.Oleh sebab itu, orang introvet akan menghabiskan waktu sendiri setelah bertemu dengan banyak orang untuk mengembalikan energinya tersebut.

2. Lebih Senang Menghabiskan Waktu Sendiri

Kebahagiaan orang introvert lebih sering diperoleh ketika menghabiskan waktu sendiri. Bahkan, tidak jarang orang lain mengira Anda sebagai orang yang antisosial dan tidak menyenangkan.

Melakukan yang disukai seorang diri merupakan momen yang paling menyenangkan. Hal ini juga dapat membantu “mengisi ulang” energi positif dalam diri orang introvet. Akan tetapi, bukan berarti orang dengan kepribadian introvert akan menyendiri seharian penuh. Orang introvet juga senang menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan orang terdekat, seperti teman dan keluarga.

3. Jumlah Teman Sedikit

Karakteristik introvert yang sering banyak orang salah artikan yakni tidak suka bergaul dan tidak punya teman dekat. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Meski jumlah teman orang introvet tidak sebanyak orang lain, misalnya satu atau dua orang saja, pertemanan yang dimiliki cenderung sangat berkualitas. Pasalnya, orang dengan kepribadian ini akan menjaga dan merawat pertemanannya dengan baik.

4. Lebih Mudah Terdistraksi

Salah satu ciri-ciri orang yang introvert ialah mudah terdistraksi. Jadi, tak heran bila Anda sering kali kewalahan bila harus berada dalam keramaian atau bertemu dengan banyak orang.

Hal ini membuat orang-orang dengan introvert personality kesulitan fokus dan berkonsentrasi saat harus melakukan sesuatu. Jika orang introvet harus fokus, mereka lebih senang bila berada di tempat yang sepi dan tenang tanpa gangguan.

5. Lebih Sadar akan Dirinya Sendiri

Orang introvert sering menyelami pikiran dan perasaannya. Hal ini membuat mereka bisa lebih banyak belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan dirinya.

Mereka senang bila bisa mencoba berbagai hobi dan mengetahui mana yang lebih disukainya. Selain itu, mereka juga senang memikirkan hidup yang sedang dan akan dijalani. Ada pula yang senang membaca buku-buku ataupun menonton film yang berkaitan dan terasa dekat untuk refleksi diri.

6. Belajar dengan Cara Observasi

Apabila orang ekstrovert lebih suka belajar sambil praktik langsung, orang introvet yang memiliki kepribadian sebaliknya lebih suka melakukan observasi terlebih dahulu. Oleh sebab itu, orang introvet cenderung mempelajari segala hal dulu sebelum mempraktikkannya secara langsung.

Kelebihan dan Kekurangan introvet

Kepribadian introvert sering kali menjadi topik pembicaraan yang hangat. Orang ini akan dikenal sebagai sosok yang pemalu dan tertutup, baik dalam hubungan atau kehidupan sosial.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...