Ciri-Ciri dan Perbedaan Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert

Dwi Latifatul Fajri
22 November 2021, 11:45
Ekstrovert
pixabay.com/StockSnap
Perbedaan Introvert Dan Ekstrovert

Ada dua tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert. Ekstrovert adalah tipe kepribadian yang suka menghabiskan waktu bersama orang lain. Tipe kepribadian ini berbeda dengan introvert yang suka menyendiri untuk memulihkan energi.

Ekstrovert berkaitan dengan perilaku manusia yang menyukai interaksi di lingkungan sosial. Tipe kepribadian ini lebih percaya diri dan terbuka pada seseorang. Tipe kepribadian ini fokus pada perasaan dan pendapat batin. Mereka akan cepat bosan jika berada di dalam kesendirian dan selalumembutuhkan sosial dan komunikasi di tempat umum atau lingkup pribadi.

Ekstrovert sering digambarkan sebagai sosok yang ramah, bersemangat, dan suka bersosialisasi. Mereka mudah untuk mengajak bicara orang lain dan banyak teman. Mereka mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.

Ciri Ciri Ekstrovert

Tipe kepribadian ini memiliki kepribadian umum yang mudah dikenali. Berbeda dengan introvert yang menyukai kesendirian, ekstrovert lebih mudah bergaul dan menikmati lingkungan sosial. Mengutip dari healthline.com, berikut ciri-ciri orang ekstrovert:

1. Menikmati lingkungan sosial

Umumnya tipe kepribadian ekstrovert lebih menyukai pusat perhatian. Mereka lebih berkembang di lingkungan sosial dan tidak takut untuk memperkenalkan diri pada orang baru.

Tipe ini tidak kenal takut atau mengacaukan pembicaraan ketika berada di tempat baru. Berbeda dengan introvert, tipe ekstrovert lebih memilih keluar di malam hari dan bertemu teman-teman. Mereka menyukai pergi ke pesta menghabiskan waktu di tempat ramai.

2. Suka keramaian

Ekstrovert lebih menyukai menghabiskan energi di lingkungan sekitar. Mereka nyaman dan mudah berkembang di dalam kelompok besar. Ekstrovert mudah dikenal dan bisa menjadi pemimpin.

Ekstrovert suka menghabiskan waktu untuk berbagai pertemuan dan bepergian dengan banyak orang.

3. Berteman dengan banyak orang

Berbeda dengan introvert, ekstrovert mendapatkan lebih banyak teman. Mereka suka menghabiskan energi bersama orang lain. Tipe kepribadian ini cenderung memiliki kenalan dan jaringan sosial lebih besar.

Sebagian besar dari mereka menyukai aktivitas diluar ruang seperti olahraga, berkemah, dan aktivitas yang membutuhkan banyak orang.

4. Suka membicarakan masalah atau pertanyaan

Introvert yang cenderung memikirkan dan observasi terlebih dahulu sebuah masalah. Ekstrovert lebih menyukai membawa masalah dan mendiskusikan bersama dengan orang lain. Mereka cenderung lebih terbuka dan mengekspresikan diri. Mereka bisa memperjelas gambaran dan pilihan pada orang lain.

5. Ramah dan optimis

Penggambaran ekstrovert adalah yang yang suka berpikir positif, bahagia, ceria, dan mudah bergaul. Mereka cenderung tidak memikirkan atau merenungkan masalah ketika bertemu banyak orang. Mereka membiarkan masalah berlalu begitu saja dan tidak mengalami kesuitan ketika berkomunikasi.

6. Lebih berani dan fleksibel

Ekstrovert cenderung mengambil resiko dan lebih berani. Dalam sebuah penelitian menemukan lonjakan bahan kimia yang merangsang otak bagi ekstrovert.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...