Ragam Olahraga Membakar Lemak yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tifani
Oleh Tifani
2 November 2022, 08:20
olahraga membakar lemak
ANTARA FOTO/REUTERS/Amanda Perobelli/WSJ/sa.
Ilustrasi, olahraga renang.

Olahraga merupakan cara jitu untuk menurunkan berat badan, terlebih jenis kardio. Aktivitas fisik berupa kardio mampu meningkatkan detak jantung dan membuat metabolisme tubuh lebih baik.

Dilansir dari laman halodoc.com, cara ini adalah bentuk latihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan. Latihan ini berfokus pada detak jantung sebagai targetnya. Semakin banyak jantung berdetak, maka semakin banyak pula lemak yang dibakar.

Advertisement

Olahraga Membakar Lemak

Ada beberapa jenis olahraga kardio yang diyakinin ampuh membakar lemak-lemak yang ada ditubuh, berikut diantaranya.

1. Berlari

Jenis olahraga kardio yang pertama adalah sprint atau berlari. Aktivitas fisik ini sangat baik dalam membakar kalori paling banyak dalam waktu yang singkat.

Bukan hanya membakar banyak kalori, gerakan ini juga dapat meningkatkan kecepatan dan intensitas agar memberikan penurunan tubuh yang signifikan. Olahraga ini dapat dilakukan di ruang terbuka, di atas treadmill, atau bahkan hanya dengan menaiki tangga. Berlari juga tidak membutuhkan alat apa pun selain sepatu.

2. Latihan Interval Intensitas Tinggi

Latihan interval intensitas tinggi atau high-intensity interval training (HIIT) juga dapat memberikan latihan menyeluruh sekaligus membakar banyak lemak dan kalori.

HIIT bahkan dapat membakar sekitar 500-1500 kalori per jamnya untuk pria dengan berat 80 kg. Disebutkan jika latihan ini sangat bagus untuk dilakukan karena intensitas setiap latihan serta variasi dan repetisinya. Maka dari itu, lakukan latihan ini secara rutin.

3. Berenang

Saat berenang, seluruh tubuh mendapatkan latihan bahkan sejak menginjak air. Hal ini karena tubuh melawan gravitasi, jadi otot bekerja lebih keras agar dapat bertahan tanpa istirahat hingga keluar dari air. Disebutkan jika berenang selama satu menit dapat membakar 14 kalori. Cobalah lakukan secara rutin agar berat badan mengalami penurunan signifikan.

4. Bersepeda

Olahraga bersepeda dapat dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan menggunakan sepeda stasioner. Diketahui jika banyak sekali kalori yang bisa dibakar saat melakukan olahraga ini. Seseorang yang mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi dapat membakar hingga 1.000 kalori per jam. Namun, jika kecepatan yang dipilih sedang, kalori yang terbakar ada di kisaran 600 per jam.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement