6 Rekomendasi Olahraga di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

Destiara Anggita Putri
20 Oktober 2022, 22:12
olahraga di rumah
Unsplash
Ilustrasi, seorang perempuan melakukan Yoga di rumah.

Apakah Anda sedang menjalankan program diet? JIka iya, Anda perlu menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin untuk mendapatkan tubuh ideal.

Membahas tentang olahraga, ada banyak sekali olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Setiap jenis olahraga tentunya juga memiliki manfaat lain bagi tubuh. 

Advertisement

Tidak perlu ke gym, Anda bahkan bisa melakukannya di rumah. Lantas, apa saja olahraga tersebut? Simak penjelasan 6 rekomendasi olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan di bawah ini.

1. Stretching

Sebagai langkah awal, Anda bisa  melakukan peregangan stretching. Cara ini j cocok bagi Anda  yang belum terbiasa berolahraga dengan banyak gerakan namun tetap ingin menurunkan berat badan secara efektif. 

Selain itu, stretching juga bisa membantu tubuh Anda menjadi rileks. Stretching juga memiliki manfaat lain yaitu untuk meningkatkan kelenturan tubuh, sirkulasi darah serta membantu melepaskan ketegangan otot. 

Olahraga ini bisa dibilang cukup fleksibel karena Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja termasuk di rumah. Menurut para ahli, Anda hanya perlu melakukan stretching selama 10 menit per hari untuk membakar sekitar 50 kalori.

2. Yoga

Olahraga dirumah yang bisa Anda lakukan adalah yoga. Olahraga ini sangat baik bagi pernapasan sekaligus efektif menurunkan berat badan dengan cepat.

Selain dua manfaat tersebut, yoga juga memiliki manfaat lain bagi tubuh yaitu mempercepat proses penyembuhan, memperkuat organ dalam, serta untuk mengencangkan kulit. Agar bisa memperoleh manfaat ini, alangkah baiknya Anda rutin melakukan gerakan yoga di pagi hari. 

Lakukanlah gerakan yoga terutama saat matahari terbit. Dari sekian banyak pose yoga, lakukan gerakan khusus untuk menurunkan berat badan seperti  Adho Mukha Svanasana satu gerakan anjing yang menghadap ke bawah. Gerakan ini juga dapat membantu AndA melakukan peregangan yang lebih maksimal ke seluruh tubuh.

Gerakan lain yang bisa Anda lakukan adalah Half Boat Pose (Ardha Navasana) Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana), dan Wheel Pose (Urdhva Dhanurasana). Bila Anda tidak tahu gerakannya seperti apa, Anda bisa mencari videonya di Youtube untuk mempraktekan secara langsung.

3. Pilates

Olahraga ini terbilang mirip dengan yoga.  Namun pilates merupakan versi modern dari yoga yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Oleh karena itu, pilates pada umumnya memadukan serangkaian gerakan lambat dan pernafasan dalam. 

Olahraga ini cukup mudah dilakukan khususnya bagi pemula. Jika Anda ingin melakukanya, cukup lakukan latihan pilates selama 30 menit sebagai permulaan. Walaupun singkat, cara ini mampu membakar kalori sekitar 108 kalori.  Setelah terbiasa, melakukan latihan lanjutan untuk membakar lebih banyak kalori.

Selain untuk menurunkan berat badan, pilates juga memiliki manfaat lian. Menantu pemulihan tubuh setelah cedera,  menguatkan sendi yang lemah serta mengurangi nyeri punggung adalah beberapa diantaranya.  

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement