6 Contoh Olahraga Kardio di Rumah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
5 Januari 2022, 19:19
Olahraga Kardio
pixabay.com/Gabin_Vallet
Manfaat Olahraga Kardio

Olahraga kardio adalah jenis latihan aerobik yang bermanfaat meningkatkan detak jantung, membakar lemak, dan kalori. Olahraga kardio ini terdiri dari berbagai macam dan bisa digunakan untuk pemula.

Tujuan dari kardio adalah meningkatkan kesehatan organ tubuh seperti paru-paru dan jantung. Jika Anda sering berlatih kardio, olahraga ini bisa menjaga pernapasan dan tekanan darah.

Contoh olahraga kardio yaitu bersepeda, berenang, dan berjalan. Tak hanya olahraga, mengepel lantai atau membersihkan rumah termasuk latihan dari kardio.

Manfaat Olahraga Kardio

Ada berbagai manfaat kardio selain meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Aktivitas ini bisa memberikan pengaruh baik untuk kesehatan fisik dan mental. Mengutip dari verywellfit.com, berikut manfaat olahraga kardio:

  1. Memperluas kapasitas paru-paru untuk menampung jumlah udara.
  2. Menurunkan berat badan.
  3. Meningkatkan kualitas tidur terutama jika latihan dilakukan secara teratur.
  4. Meningkatkan kemampuan tubuh untuk rangsangan dari luar.
  5. Membantu mengobati disfungsi seksual yang berhubungan dengan obat.
  6. Dapat meningkatkan kepadatan tulang, contohnya ketika Anda rutin olahraga mendaki, angkat beban, atau menaiki tangga.
  7. Bisa menurunkan stress.
  8. Dapat menambah kemampuan berpikir positif.
  9. Mempromosikan perasaan baik.
  10. Membantu menurunkan depresi dan kecemasan.
  11. Meningkatkan rasa percaya diri.
  12. Dapat mengontrol tekanan darah tinggi.
  13. Mencegah resiko serangan jantung dan kolesterol tinggi.
  14. Mencegah penyakit kanker.
  15. Menguatkan organ jantung untuk memompa darah.

Contoh Olahraga Kardio

Menurut American College of Sports Medicine, orang-orang membutuhkan 150 sampai 300 menit aktivitas fisik dalam seminggu. Latihan kardio bisa dilakukan di mana saja seperti di rumah, taman, dan ruang luar.

Latihan kardio bisa dilakukan sesuai waktu misalnya 45 detik 1 menit untuk latihan, 30 detik untuk istirahat, dan berpindah ke gerakan selanjutnya. Semakin sering Anda berlatih, gerakan latihannya pun harus bertambah sulit.

Jika Anda sudah ada di level selanjutnya, bisa menambah waktu istirahat selama 30-60 detik. Anda bisa memilih olahraga kardio yang ringan dan bisa dilakukan untuk pemula. Berikut contoh olahraga kardio di rumah untuk pemula:

  • Baris di Tempat

Mengutip dari medicalnewstoday.com, berdiri dan bergerak seperti baris di tempat termasuk latihan kardio dasar. Berbaris di tempat bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dan pemanasan untuk latihan.

Caranya berdiri tegak, kedua tangan memegang pinggang. Lalu angkat kaki kanan ke depan seperti orang berbaris. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri. Lakukan gerakan yang sama dengan meningkatkan kecepatan dan mengangkat lutut lebih tinggi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...