6 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Destiara Anggita Putri
3 November 2022, 21:39
Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui
Unsplash
Ilustrasi, seorang perempuan dan bayinya.

Proses menyusui berperan penting bagi kesehatan dan kecerdasan bayi. Oleh karena itulah, penting bagi ibu menyusui untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi dapat memperlancar atau memperbanyak ASI.  

Walaupun kandungan ASI sudah pasti berkualitas, ibu menyusui juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk menggantikan nutrisi yang hilang dari tubuh. Nutrisi ini juga berperan penting untuk memaksimalkan pertumbuhan dna kesehatan bayi

Lalu, apa saja makanan sehat yang bisa dikonsumsi? Berikut ini enam rekomendasi makanan sehat untuk ibu menyusui agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

1. Daun Katuk

Makanan sehat pertama yang perlu dikonsumsi ibu menyusui adalah daun katuk. Kepopuleran daun katuk memang tidak perlu diragukan  lagi. Pasalnya, daun ini memiliki manfaat untuk memperlancar ASI

Hal ini sendiri telah dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam Indonesian Journal for Health Sciences. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kandungan galactagogue dalam daun katuk bisa diolah menjadi makanan dan dikonsumsi sebagai pelancar dan peningkat produksi ASI.

Selain itu, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon prolaktin. Hormon ini merupakan salah satu hormon yang dapat meningkatkan produksi ASI pada payudara.

Tidak hanya memperlancar ASI, daun katuk juga berpengaruh terhadap peningkatan berat badan bayi.  Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, dan lainnya yang turut berperan memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi. 

Walaupun daun ini memiliki banyak manfaat, disanakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun katuk. 

2. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung vitamin C yang tinggi.  Dilansir dari riset yang diterbitkan Free Radical Biology and Medicine, vitamin C bekerja sebagai antioksidan. 

Selain itu, vitamin C ini juga dapat melindungi tubuh dari stress oksidatif. Maka dari itu, buah ini perlu dikonsumsi karena dapat remaja kesehatan ibu dan bayi.Jika ingin memperoleh vitamin C dari sumber lain, ibu menyusui  juga bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk mangga. 

3. Kurma

Makanan sehat berikutnya yang bisa dikonsumsi ibu menyusui adalah kurma. Tidak hanya sekedar sebagai snack, buah  yang berwarna kecoklatan dan agak gelap ini juga bisa meningkatkan produksi ASI.

Tidak hanya itu, buah ini juga dapat membantu meningkatkan kadar hormon prolaktin yang diperlukan untuk memperlancar ASI ibu menyusui. Hal ini juga didukung oleh penelitian dalam Journal of Pediatric Sciences di tahun 2014. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement