10 Olahraga Mengecilkan Paha dan Betis

Tifani
Oleh Tifani
4 November 2022, 16:36
olahraga mengecilkan paha dan betis
ANTARA FOTO/Seno/YU
Ilustrasi, dua orang bersepeda melintasi Sabana Bekol Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

Paha dan betis adalah bagian tubuh yang dapat menimbulkan masalah, terutama bagi wanita. Sebab, bagian tubuh ini cenderung menimbun lemak yang dapat mengganggu penampilan.

Tidak jarang berbagai cara dilakukan untuk mengecilkan paha dan betis. Namun, usaha untuk mendapatkan paha dan betis yang ramping bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, olahraga dan diet tidak dapat memastikan lemak berkurang di tempat yang diinginkan.

Advertisement

Olahraga Mengecilkan Paha dan Betis

Dikutip dari laman sehatq.com, meski keberadaan lemak di pada dan betis umumnya normal. Pasalnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberadaan lemak dan betis, misalnya karena faktor keturunan dan metabolisme tubuh.

Namun tetap ada sebagian orang yang ingin menghilangkannya agar paha dan betis terlihat ramping. Berikut beberapa workout atau olahraga mengecilkan paha dan betis yang dapat dicoba.

1. Bersepeda

Salah satu cara menghilangkan lemak di paha adalah bersepeda. Gerakan mengayuh saat bersepeda membuat otot-otot di paha depan (quadriceps) bekerja keras.

Tak hanya itu, otot hamstring yang terletak di belakang paha pun mengencang. Dengan demikian, tampilan paha dan betis akan jadi lebih ramping.

Olahraga ini dapat dilakukan indoor (menggunakan sepeda statis) ataupun di luar ruangan. Kuncinya, perlu rutin melakukan olahraga bersepeda jika menginginkan paha dan betis yang ramping.

Sebuah studi dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness menyebutkan ada penurunan berat badan dan jumlah lemak tubuh pada perempuan yang kelebihan berat badan setelah melakukan 24 kali sesi latihan bersepeda indoor.

2. Naik Turun Tangga

Tak perlu alat rumit, naik turun tangga bisa jadi salah satu olahraga mengecilkan paha yang sangat sederhana dan mudah. Olahraga ini membuat otot paha dan betis bekerja keras. Setiap anak tangga yang didaki akan membantu membakar lemak di paha dan membentuk ototnya.

3. Lompat Tali

Olahraga lompat tali juga membantu mengencangkan otot paha dan betis, sehingga tampak lebih ramping. Olahraga ini dapat dilakukan dengan bantuan skipping.

Untuk permulaan, dapat melakukan lompat tali selama 20 detik tanpa putus. Setelah terbiasa, cobalah tingkatkan menjadi satu menit.

4. Squat

Squat adalah salah satu latihan fisik yang baik untuk mengecilkan paha. Bahkan, bagi penderita sakit punggung bawah, squat termasuk olahraga yang aman. Sebab, tidak perlu mengangkat beban berat yang akan membebani punggung.

Berikut adalah cara melakukan squat untuk mengecilkan paha:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement