Melirik 13 Cara Kurus Tanpa Olahraga

Tifani
Oleh Tifani
1 November 2022, 11:51
 cara kurus tanpa olahraga
fox/pexels
Ilustrasi, variasi menu diet sehat dapat dikonsumsi dengan bahan makanan sederhana

Cara menurunkan berat badan yang ideal adalah dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Rupanya tak semua orang dapat meluangkan waktu untuk berolahraga agar mendapatkan berat badan ideal.

Namun, cara kurus tanpa olahraga bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Pasalnya kini ada beberapa metode menurunkan berat badan atau diet yang dapat menjadi pilihan bagi yang tak bisa berolahraga. Dikutip dari lama alodokter.com, berikut cara kurus tanpa olahraga yang dapat dilakukan.

1. Mengukur Indeks Massa Tubuh

Sebelum memulai gaya hidup sehat, sebaiknya hitung indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) terlebih dahulu. Indeks massa tubuh digunakan untuk menentukan apakah tubuh kekurangan, kelebihan, atau berada dalam berat yang ideal.

Dengan menentukan BMI, seseorang dapat mengetahui berapa banyak berat badan yang harus diturunkan untuk mencapai berat badan yang ideal. Sebagai contoh, orang yang masuk dalam kisaran obesitas perlu menurunkan antara 5-10% berat awalnya. Setelah mengetahui indeks massa tubuh yang dimiliki, baru lah dapat merancang pola makan yang cocok untuk menguruskan badan.

2. Tidak Melewatkan Sarapan

Salah satu cara menurunkan berat badan yang paling penting adalah tidak melewatkan sarapan. Menu sarapan dengan gizi yang seimbang akan memberikan tubuh energi yang dibutuhkan untuk melewati hari.

Akibat tidak sarapan, seseorang mungkin memulai hari dengan energi yang kosong. Akibatnya, keinginan untuk ngemil pada siang atau malam hari pun meningkat.

Usahakan untuk sarapan dengan asupan tinggi protein dan karbohidrat kompleks, seperti:

  • Telur
  • Nasi merah
  • Roti gandum dengan selai kacang atau alpukat
  • Yoghurt tawar tanpa pemanis dengan buah beri.

3. Mengunyah Makanan secara Perlahan

Seberapa cepat seseorang mengunyah makanan dapat memengaruhi berat badan orang tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat, berpotensi lebih besar untuk menambah berat badan dibandingkan dengan orang yang makan secara perlahan.

Untuk membiasakan makan lebih lambat, dapat dimulai dengan menghitung setiap gigitan saat mengunyah makanan. Cara ini dinilai sebagai cara paling mudah untuk meningkatkan rasa kenyang, sehingga makan pun menjadi lebih sedikit.

4. Menambahkan Asupan Protein di Setiap Porsi Makan

Salah satu cara kurus tanpa olahraga yang juga efektif adalah dengan menambahkan asupan protein. Mengonsumsi lebih banyak protein dinilai dapat menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan, bahkan tanpa olahraga.

Protein memungkinkan seseorang untuk mengontrol nafsu makan dan memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh karena itu, penuhi asupan protein dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti tahu, telur, dada ayam, ikan, produk susu, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

5. Mengonsumsi Lebih Banyak Asupan Serat

Sama seperti protein, serat juga merupakan nutrisi penting yang dapat menurunkan berat badan. Serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu penyerapan nutrisi, dan memperlambat pengosongan perut. Asupan serat dapat didapat dari berbagai pilihan makanan yang mudah ditemukan, seperti kacang-kacangan, sereal gandum, buah-buahan, dan sayuran.

6. Mencukupi Kebutuhan Cairan dengan Minum Air Putih

Minum cukup air putih juga penting dilakukan sebagai bagian cara kurus tanpa olahraga. Kebiasaan ini dapat menurunkan berat badan, terutama jika meminum air putih sebelum makan, karena dapat memberikan efek kenyang lebih cepat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...