12 Ciri-ciri Orang Suka Pada Kita Secara Psikologi

Tifani
Oleh Tifani
7 November 2022, 13:12
ciri-ciri orang suka pada kita
Katadata
Ilustrasi, ciri-ciri orang suka pada kita.

Menebak perasaan seseorang memang bukanlah hal yang mudah. Namun, mengetahui perasaan orang bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Salah satunya adalah memahami ciri-ciri orang suka pada kita.

Ini penting diketahui, karena mungkin ada banyak orang yang menaruh perhatian atau suka kepada kita. Namun, seringkali kita kurang peka alias tidak menyadari, sehingga tidak menyambut perasaan orang lain tersebut. Alhasil, kadang kita akan terjebak dengan pemikiran bahwa diri diri ini tidak menarik. Padahal, ada orang yang menaruh perasaan suka.

Tanda seseorang menyukai orang lain dapat terlihat dari gestur tubuh, terlebih saat berada di dekat orang yang disukainya. Baik pria maupun wanita dapat bersikap berbeda dari biasanya, ketika bersama seseorang yang ia sukai.

Ciri-ciri Orang Suka Pada Kita

Dilansir dari laman sehatq.com, ada beberapa ciri-ciri orang suka pada kita secara psikologi yang dapat terlihat secara jelas. Berikut ciri-ciri orang suka pada kita secara ilmu psikologi.

1. Menciptakan Kontak Mata

Pria atau wanita yang diam-diam menyukai individu lain cenderung sering menatap mata, melalukan kontak mata, atau curi-curi pandang. Sebaliknya, saat ia tidak menyukai individu tersebut, ia tidak akan memperhatikan individu tersebut sama sekali.

Kontak mata tersebut dipercaya terjadi karena adanya peran neurotransmittter oksitosin, yang dikenal sebagai hormon cinta.

2. Menyentuh

Sentuhan merupakan salah satu jenis komunikasi non-verbal yang kerap kita lakukan, terlebih jika dilakukan terhadap orang yang spesial. Ciri-ciri orang suka pada kita, baik pria ataupun wanita, yakni cenderung gemar memberikan sentuhan.

Sebaliknya, apabila seseorang hendak disentuh namun justru menarik diri, bisa jadi ini adalah tanda yang diberikan bahwa mungkin saja ia tidak merasakan hal yang sama. Sentuhan kecil sebagai tanda orang menyukai kita biasanya tidak memiliki maksud seksual.

Walau begitu, seseorang berhak untuk mengungkapkan jika memang tidak suka disentuh untuk menjaga batas personal. Tak hanya itu, seseorang juga harus bisa membaca gelagat orang yang ditaksir, jika ia tak ingin disentuh.

3. Mengintimidasi Cara Berbicara dan Bertingkah Laku

Secara psikologi pria atau wanita kerap menunjukan perasaannya saat tengah 'menggoda' orang yang disukainya dengan menirukan perilaku atau cara berbicara. Bahkan, adakalanya seseorang menggunakan pilihan kata yang persis dengan ciri khas orang yang disukainya. Entah suka atau tidak, imitasi tersebut dapat menjadi ciri-ciri orang suka pada kita.

4. Berusaha Mendekatkan Tubuh

Orientasi dan gestur tubuh merupakan ciri-ciri penting untuk mengetahui seseorang menyukai kita atau tidak. Orang yang menyukai individu lain cenderung mendekatkan tubuh saat berbicara.

Orientasi tubuh orang yang menyukai dapat berupa menurunkan kepala saat berbicara atau memiringkan badan lebih dekat. Bahkan 'si dia' kadang melakukannya secara tidak sadar.

Saat berkomunikasi dengan seseorang yang ditaksir, baik pria maupun wanita akan cenderung ingin berdekatan secara fisik, tanpa ada penghalang. Biasanya orang akan menyingkirkan atau memindahkan benda yang jadi pembatas antara dirinya dan orang yang disukainya meski itu benda-benda kecil sekalipun seperti cangkir, tas, piring atau bantal yang berada di antara kalian.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...