Mengenal COP, Konferensi yang Membahas Masalah Perubahan Iklim

Ghina Aulia
7 November 2022, 15:25
COP
UN News
Ilustrasi, COP27.

Perhelatan Konferensi Anggota Badan PBB untuk Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim ke-27 diselenggarakan pada 6-18 November di Sharm el Sheikh, Mesir. Kegiatan tersebut juga dikenal dengan nama Conference of Parties (COP).

Diketahui bahwa COP merupakan kegiatan yang dibawahi langsung oleh United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). COP diadakan setiap tahun untuk membahas perubahan dan penanggulangan iklim dunia.

UNFCCC merupakan salah satu badan yang ada di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pihaknya membuat aturan dan acuan dasar yang bisa diterapkan masing-masing negara yang terlibat. Hal tersebut mengacu pada tindakan yang dapat melawan perubahan iklim ekstrim.

Badan UNFCCC dibentuk pertama kali pada tahun 1994. Tujuan awal dibuatnya yaitu untuk mengontrol emisi gas rumah kaca yang mungkin dalam mengganggu peradaban manusia di bumi.

Dengan dibentuknya UNFCCC, COP pertama kali diadakan pada tahun 1995 di Kota Berlin, Jerman. Kala itu, COP dihadiri oleh 154 negara yang merupakan anggota UNFCCC. Terhitung hingga sekarang, sudah terdapat 196 negara anggota.

Pembentukan COP merupakan keputusan yang merupakan hasil dari konvensi, yaitu kesepakatan semua negara yang hadir kala itu. Adapun tugas dari COP adalah meninjau persediaan emisi yang diajukan ‘Parties.’ Selain itu, COP juga menilai efek dari upaya yang diambil dan dilakukan pihak yang terlibat untuk mencapai konvensi tersebut.

Perhelatan COP sudah menjadi hal yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Mengingat permasalahan iklim tidak ada habisnya dan semakin hari semakin mengancam manusia.

Setiap tahunnya, COP di adakan di negara berbeda. Ketika sekarang diadakan di Mesir, tahun 2021 tuan rumahnya adalah Skotlandia. Saat itu, pembicaraan yang paling hangat adalah konsumsi batu bara yang disinyalir melepaskan banyak karbon dioksida ke atmosfer.

Pada tahun 2021, konferensi tersebut juga dikenal dengan istilah COP26 dan tahun ini adalah COP27. Angka di belakangnya menandakan kali ke berapa COP diadakan.

Setiap tahunnya, COP membuahkan hasil berupa kesepakatan, pengangkatan isu, dan prioritas yang harus dilakukan. Tentu saja untuk melawan perubahan iklim.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...