Jokowi Hingga Raja Charles Absen dalam COP27, Putin Tak Kirim Delegasi

Muhamad Fajar Riyandanu
7 November 2022, 12:25
cop27, pemimpin dunia, jokowi, vladimir putin, xi jinping, raja charles
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/FOC/dj
Raja Charles III satu dari beberapa pemimpin dunia yang tak menghadiri COP27 di Mesir. Ia merupakan advokat lingkungan yang sangat vokal mengkampanyekan konservasi lingkungan sejak 1970.

Conference of The Parties ke-27 atau COP27 resmi dibuka pada Minggu, (6/11) di Sharm el-Sheikh, Mesir. Forum tahunan ini digelar untuk memastikan implementasi dari Persetujuan Paris 2015 untuk menurunkan emisi karbondioksida dan gas rumah kaca untuk membatasi pemanasan global hingga di bawah 1,5 derajat celcius.

Pada konferensi tahun ini, sejumlah pimpinan dari suluruh dunia akan menyampaikan pidato untuk mengobarkan ambisi dalam memerangi perubahan iklim dan pemanasan global.

Puluhan kepala negara akan berbicara dalam parade pidato iklim yang akan berlangsung hingga Selasa (8/11), meski demikan, banyak dari pimpinan dunia yang baru akan hadir pada pekan depan seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Brasil yang baru terpilih Luiz Inacio Lula da Silva.

Selain itu, ada juga beberapa pimpinan negara yang tak hadir dalam konferensi tersebut. Seperti Presiden Jokowi yang diwakilkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hingga Raja Charles III yang sejatinya merupakan advokat iklim yang sangat vokal.

Selain itu ada beberapa pemimpin dunia lainnya yang absen namun tetap mengirimkan delegasi. Berikut daftar kepala negara yang absen dalam penghelatan konferensi perubahan iklim COP27, Mesir:

1. Presiden Indonesia, Joko Widodo

Presiden Joko Widodo diwakilkan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang telah tiba di Mesir pada Minggu (6/11), malam waktu setempat untuk menghadiri rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP27. Padahal Jokowi hadir langsung pada COP26 di Glasgow, Skotlandia, tahun lalu.

Presiden Jokowi berhalangan hadir karena padatnya agenda internasional dalam waktu berdekatan. Kepala Negara akan menghadiri KTT Asean pada 10-13 November 2022. Setelah itu, Jokowi dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 13 November 2022 untuk memimpin KTT G20 selama 15-16 November 2022.

Sebagian pemimpin negara undangan KTT G20 akan tiba di Bali, Indonesia pada 13 November 2022. Namun, mayoritas datang pada 14 November 2022. Usai memimpin KTT G20, Presiden Jokowi akan lepas landas ke Bangkok pada 17 November 2022. KTT APEC akan berlangsung pada 18-19 November 2022.

Adapun hari ini, Senin (7/11), Wapres akan menghadiri pembukaan COP27 di Sharm El Sheikh International Convention Center. Setelahnya, Ma'ruf Amin juga dijadwalkan menyampaikan pidato pada agenda High Level Segment.

Pada acara ini, seluruh kepala negara/pemerintahan diberikan kesempatan menyampaikan pidato, termasuk Wapres Ma'ruf Amin yang memperoleh urutan ke-33 setelah Wapres Kuwait.

2. Presiden Rusia, Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin (123rf.com)

Melansir Reuters, Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tak akan hadir dalam pagelaran COP27 di Mesir sebagai bentuk sanksi yang diterapkan Uni Eropa (EU) kepada Rusia atas terjadinya konflik terhadap Ukraina. Reuters juga melaporkan bahwa Rusia juga tak akan mengirimkan perwakilan atau delegasi pada KTT COP27 tersebut.

The Guardian menyebut tindakan yang dilakukan oleh Putin terhadap Ukraina telah mengarahkan krisis iklim pada arah yang kian negatif. Tindakan Rusia menjerumuskan Eropa ke dalam krisis energi lewat pemutusan pasokan gas. Hal tersebut berimbas pada meningkatnya harga gas sekaligus menaikkan harga pangan dunia.

Aksi Putin yang memangkas pasokan gas ke Eropa, khususnya Jerman, telah memicu sejumlah anggota UE untuk kembali beralih kepada batu bara sebagai sumber energi pengganti gas. Kondisi tersebut dinilai menjadi salah satu sebab kemunduran dari aksi mengatasi perubahan iklim.

3. Presiden Cina, XI Jinping

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...