Teknik Renang Gaya Punggung dan Beragam Manfaatnya

Tifani
Oleh Tifani
7 November 2022, 17:04
renang gaya punggung
ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.
Ilustrasi, perenang Indonesia Mutiara Cantik Harsanto memacu kecepatannya pada final gaya punggung 100 meter putri kategori S9 ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022).

Renang gaya punggung atau juga dikenal sebagai backstroke merupakan satu-satunya jenis gaya renang yang dilakukan dalam posisi telentang alias menghadap permukaan air dengan punggung sebagai tumpuannya.

Teknik renang ini cocok untuk semua tingkatan perenang, mulai dari pemula hingga ahli. Pasalnya, renang gaya punggung cenderung memiliki gerakan yang santai, kecepatan rendah, serta pernapasan yang lebih mudah dan rileks.

Dikutip dari lamam hellosehat.com, gerakan renang ini sangat mengandalkan kesadaran spasial, waktu, dan keseimbangan untuk menjaga gerakan Anda tetap mengalir sempurna. Secara umum gerakan renang gaya punggung mirip renang gaya bebas, tapi dalam posisi terbalik.

Posisi Tubuh Gaya Punggung

Sesuai dengan namanya, gaya punggung dilakukan dengan punggung menjadi alas. Namun, teknik ini lebih daripada sekadar mengambang di air. Berikut beberapa teknik dasar renang gaya punggung:

  • Tubuh harus horizontal dan setegak mungkin, dengan kepala sejajar, mata melihat ke atas dan tetap stabil.
  • Tendangan kaki yang konsisten berasal dari pinggul dan tetap dalam lebar tubuh.
  • Jari-jari kaki meruncing ke depan dengan pergelangan kaki rileks, dan lutut sedikit menekuk pada setiap tendangan.
  • Tekuk lutut akan memberikan kekuatan pada tendangan awal, dan diakhiri saat jari-jari kaki memecah permukaan air.
  • Tangan mengayun ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu, dan putar ke belakang kepala hingga kembali ke bawah air.
  • Pastikan lengan selalu berdekatan dengan telinga saat memutar.
  • Lengan tetap lurus dan jari-jari rapat, terutama saat berada di dalam air.
  • Tendangan kaki dan ayunan gerakan lengan harus bersamaan sambil mempertahankan posisi kepala tetap stabil.
  • Semua teknik dilakukan terus menerus, stabil, dan santai.

Selain itu, teknik pengambilan bernapas juga tak kalah penting. Perenang gaya ini bernapas secara berbeda dari perenang gaya bebas, gaya dada, dan kupu-kupu karena kepala mereka berada di luar air sepanjang waktu.

Perenang gaya ini dapat bernapas terus-menerus dan dilakukan dengan menarik napas ketika satu lengan istirahat, lalu membuang napas saat lengan lainnya istirahat.

Pernapasan Renang Gaya Punggung

Pernapasan merupakan teknik yang paling esensial dalam berolahraga kardio. Dibanding gaya renang lain, bernapas dalam renang gaya punggung lebih mudah karena posisi hidung dan mulut yang selalu di atas permukaan air, sehingga perenang bisa dengan leluasa bernapas.

Walaupun begitu, bukan berarti teknik pernapasan ini bisa sembarang pemula praktikkan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mempelajarinya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...