Memahami Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Tanpa Pulsa dan Cara Lainnya

Destiara Anggita Putri
8 November 2022, 14:55
cara cek saldo bri lewat sms tanpa pulsa
BRI
Ilustrasi, Galeri e-Banking PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Sebagai nasabah bank, Anda harus melakukan melakukan pengecekan saldo secara berkala. Walaupun terkesan sepele, hal ini penting dilakukan agar Anda bisa segera melapor ke pihak bank jika menemukan transaksi mencurigakan  pada rekening Anda. 

Tidak hanya, cek saldo juga berguna untuk mengetahui apakah transfer dari rekening lain telah masuk ke rekening atau belum. Biasanya hal ini dilakukan oleh seorang karyawan untuk mengecek transferan gaji. 

Bank BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia telah menyediakan cara bagi nasabahnya untuk mengecek saldo. Salah satunya melalui SMS.

Jika Anda nasabah BRI, perlu diketahui bahwa cara cek saldo BRI lewat SMS tanpa pulsa tidak tersedia. Anda akan tetap dikenakan biaya yang dipotong langsung dari pulsa setiap kali cek saldo. Walaupun begitu, Anda masih bisa mengecek saldo dengan cara lainya. Berikut penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek saldo BRI, yakni melalui SMS banking. Adapun, langkah yang harus dilakukan untuk mengecek saldo BRI melalui SMS banking, adalah sebagai berikut.

  • Buka menu SMS/Message.
  • Masukkan nomor tujuan di 3300.
  • Kirim SMS dengan format SALDO (spasi) PIN.
  • Lalu kirim ke nomor 3300.
  • Tunggu balasan SMS yang berisi informasi saldo rekening Anda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cek saldo dengan cara ini tidaklah gratis. Anda akan dikenakan biaya Rp 500 per tansaksi. Namun biaya ini bisa jadi berbeda tergantung dari operator seluler yang digunakan. Oleh karena itu, pastikann Anda memilki pulsa yang cukup untuk menerapkan cara ini. 

Cara Alternatif untuk Cek Saldo BRI

Selain mengecek saldo BRI lewat SMS Banking, Anda juga bisa menggunakan empat cara lainya. Empat cara tersebut adalah lewat Mobile Banking, Internet Banking, ATM, dan call center. 

Dari empat cara ini, Anda bisa memilih salah satu cara yang dirasa paling efektif bagi Anda. Berikut Ini penjelasan masing-masing cara yang bisa diterapkan. 

1. Melalui Mobile Banking BRI

Bank BRI meluncurkan aplikasi BRImo atau BRI Mobile Banking agar nasabah bisa menggunakan berbagai layanan di dalamnya termasuk cek saldo. Untuk menggunakan aplikasi ini, tentunya Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store, tergantung jenis perangkat HP Anda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...