5 Cara Memindahkan Excel ke Word dengan Mudah

Destiara Anggita Putri
14 November 2022, 14:07
Cara Memindahkan Excel Ke Word
Unsplash
Ilustrasi, seseorang bekerja menggunakan laptop.

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi di bawah naungan Microsoft Office yang umum digunakan untuk mengolah data seperti membuat tabel. Jika Anda sering menggunakan aplikasi ini, pasti ada kalanya Anda ingin memindahkan tabel Excel ke Word sebagai bahan laporan.

Namun setelah dipindahkan, tabel menjadi berantakan dikarenakan ukuran kertas, margin, dan spasi yang berbeda di antara Excel dan Word. Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, simak penjelasan cara memindahkan Excel ke Word dengan rapi berikut ini.

Cara Memindahkan Excel Ke Word 

Dalam memindahkan Excel ke Word, ada lima metode yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Simak penjelasan masing-masing metode di bawah ini. 

1. Copy + Paste

Anda bisa langsung mengcopy data di Excel yang ingin dipindahkan ke Word dengan langsung menekan tombol CTRL + V. Ikuti tutorialnya di bawah ini.

  • Blok seluruh data Excel yang ingin anda pindahkan ke Word. Caranya adalah mengklik data Excel yang paling ujung kiri bawah lalu tekan tahan tombol SHIFT dilanjutkan dengan menekan data cell yang paling ujung kanan bawah.
  • Setelah semua data terblok, copy data tersebut atau tekan tombol CTRL + C. 
  • Buka file Word dan arahkan kursor ke lokasi tabel yang Anda inginkan.
  • Kemudian langsung paste atau menekan tombol CTRL + V di keyboard.

2. Paste Special

Cara  berikutnya adalah menggunakan menu Paste Special dimana Anda bisa memilih metode dan format pemindahan data Excel ke Word. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah copy data di Excel dengan memblok seluruh data kemudian klik tombol CTRL + C.
  • Buka Word dan pergi ke halaman yang ingin Anda tambahkan tabel.
  • Pada menu HOME, klik menu PASTE yang ada pada pojok kiri atas tampilan Word.
  • Pilih PASTE SPECIAL.
  • Setelah muncul jendela Paste Special >> Pilih Paste Link >> Microsoft Excel Worksheet Object >> OK

3. Keep Text Only

Selain menu Paste Special, Ada juga pilihan Paste Keep text Only yang bisa digunakan. Dengan opsi ini, Anda hanya bisa memindahkan data atau nilainya saja. Simak tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama, copy data di Excel yang ingin anda pindahkan ke word dengan menekan CTRL + C.
  • Kembali di Word, block CELL tabel yang ingin anda masukkan data Excel yang telah di copy pada langkah 2. Jumlah kolom dan baris data excel yang anda copy harus sama dengan jumlah kolom dan baris tabel word.
  • Selanjutnya klik kanan dan pilih Paste Keep Text Only

4. Beserta Link dan Format ke Word

Ketika Anda melakukan cara ini, itu berarti data Word yang dicopy dari Excel akan saling terhubung. Dengan demikian, ketika Anda mengubah data di Excel maka data pada Word juga ikut berubah.

Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, buka file Excel anda.
  • Kemudian, blok data yang ingin anda pindahkan ke word.
  • Tekan tombol CTRL + C atau Klik kanan pada tabel yang terblok dan pilih Copy.
  • Selanjutnya buka aplikasi Word.
  • Arahkan kursor ke halaman atau lokasi yang ingin anda tambahkan tabel Excel.
  • Selanjutnya klik kanan pada daerah kosong >> pilih Paste Value & Keep Source Formatting. Maka secara otomatis semua data tabel excel akan disalin ke word.

5. Beserta Link & Use Destination Style Word

Berbeda dengan cara sebelumnya, acara ini hanya menghubungkan data atau nilainya saja sedangkan formatnya tetap mengikuti format Word. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...