10 Tips Menabung Harian di Rumah agar Cepat Terkumpul Banyak

Anggi Mardiana
14 November 2022, 18:59
tips menabung harian
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Tips menabung harian bisa dilakukan melalui beragam cara yang penting konsisten dilakukan. Menabung penting dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan di masa yang akan datang. Bisa untuk investasi, membeli barang hingga menyimpan dana darurat.

Dengan memiliki tabungan, Anda jadi tidak perlu khawatir jika suatu saat dihadapkan dalam suatu kondisi yang tidak diinginkan misalnya sakit, kecelakaan atau biaya tidak terduga lainnya. Dalam hal ini tabungan diperlukan sebagai antisipasi.

10 Tips Menabung Harian agar Cepat Terkumpul

Menabungbisa dilakukan setiap hari, berikut 10 tips menabung harian yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Menentukan Metode Menabung

Melansir dari bca.co.id, tips menabung harian pertama bisa dilakukan dengan menentukan metode menabung terlebih dahulu. Caranya bisa dilakukan secara manual yaitu dengan menyisihkan sisa uang dari hasil transaksi sehari-hari.

2. Tentukan Batasan Belanja Online

Tips selanjutnya menentukan batasan belanja online, hal ini diperlukan untuk menekan sifat konsumtif dan impulsif. Sebaiknya manfaatkan kemudahan berbelanja untuk membeli produk yang memang dibutuhkan agar terhindar dari kalap.

3. Mengurangi Penggunaan Paket Data

Melansir dari thebalancemoney.com, untuk bisa menabung harian, mengurangi paket data juga bisa dilakukan sehingga kesempatan menabung jadi lebih banyak. Hindari membeli paket data harian karena biayanya akan lebih mahal daripada bulanan.

4. Membeli Bahan Makanan di Tempat Grosiran

Untuk bahan makanan yang tidak mudah basi, Anda bisa membelin bahan makanan untuk stok memasak di toko grosir. Ini akan membantu mengurangi biaya harian. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan uang setiap hari.

5. Membersihkan Kendaraan Sendiri

Tips menabung harian berikutnya dengan membersihkan kendaraan sendiri. Ini lumayan bisa menghemat pengeluaran harian. Uang yang dialokasikan untuk mencuci kendaraan bisa digunakan untuk menabung di rumah.

6. Membayar Pengeluaran Harian Secara Tunai

Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan membayar pengeluaran harian secara tunai. Hindari hutang karena pengeluaran harian bisa membengkak dan khawatirnya uang tidak ada ketika membayar secara sekaligus.

7. Menabung di Tempat yang Aman

Untuk pelajar, menabung harian bisa dilakukan di rumah namun pastikan tempatnya aman agar tidak mudah diambil orang lain yang masuk. Bisa di celengan yang kokoh dan disimpan di kamar. Celengan yang kokoh berfungsi agar Anda tidak tergoda untuk mengambilnya.

8. Jangan Menunda untuk Menabung

Yang tidak kalah penting, jangan menunda untuk menabung sekalipun dilakukan secara harian. Semakin sering menunda menabung maka kesempatan menikmati hasil tabungan dalam jumlah besar bisa berkurang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...