7 Cara Menabung 2 Juta dalam Sebulan agar Masa Depan Terjamin

Cara menabung 2 juta dalam sebulan bukan hal mustahil bagi Anda yang memiliki gaji kecil atau pas-pasan. Berikut 7 cara yang bisa dilakukan.
Image title
15 November 2022, 09:48
cara menabung 2 juta dalam sebulan
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Cara menabung 2 juta dalam sebulan tetap bisa dilakukan meskipun gaji tidak terlalu besar. Yang terpenting konsisten saat melakukannya agar target cepat tercapai. 7 cara menabung ini akan membantu bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan.

Membiasakan menabung tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, pelajar tetapi orang dewasa pun harus melakukannya. Kebiasaan menabung yang ditanam sejak kecil atau muda akan menghasilkan kondisi finansial yang lebih baik.

Tiga Alasan Mengapa Seseorang Harus Menabung

Sebelum membahas seputar cara menabung 2 juta dalam sebulan, ada 3 alasan mengapa harus menabung yang kami lansir dari moneyhelper.org.uk, berikut di antaranya:

  • Mengantisipasi pengeluaran tidak terduga atau keadaan darurat sehingga tidak perlu khawatir soal pembayaran.
  • Membeli kendaraan yang harganya tidak murah maka perlu menabung beberapa tahun.
  • Agar bisa hidup nyaman di masa depan sehingga tidak perlu khawatir kekurangan karena sudah disiapkan dari sekarang.

Cara Menabung 2 Juta Dalam Sebulan

Membentuk kebiasaan menabung secara konsisten dan disiplin memang bukan hal yang gampang, tapi bukan mustahil untuk dilakukan. Berikut cara menabung 2 juta dalam sebulan:

Advertisement

1. Buat Frekuensi Menabung yang Realistis

Agar bisa menabung 2 juta dalam satu bulan, Anda bisa membuat frekuensi tabungan dengan realistis. Misalnya membaginya kembali menjadi harian. Kurang lebih Anda bisa menabung Rp 70.000 dalam satu hari dan besarnya penghasilan diusahakan 2 kali lipat atau lebih dari ini.

2. Membuat Alokasi Penghasilan

Cara menabung 2 juta dalam sebulan selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat alokasi penghasilan terlebih dahulu. Misalnya dengan gaji 10 juta, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk pengeluaran pribadi dan 20% untuk tabungan. Namun jika gaji 4 juta, Anda bisa mengalokasikan 50% untuk tabungan.

3. Buat Rincian Pengeluaran

Untuk bisa menabung 2 juta dalam sebulan, sebaiknya buat rincian pengeluaran terlebih dahulu agar tidak terkesan memaksakan. Terlebih saat 50% gaji ditabung, pastikan kebutuhan primer terpenuhi dan bisa mengurangi kebutuhan yang tidak penting.

4. Kurangi Pergi ke Luar Rumah

Hal lain yang tidak kalah penting, adalah mengurangi berpergian ke luar rumah bersama teman atau saudara. Sebab jika dilakukan terlalu sering akan terus mengeluarkan uang dan tujuan menabung sulit tercapai. Jika sesekali untuk menghilangkan stress boleh saja tapi tetap sisihkan untuk tabungan.

5. Menggunakan Transportasi Umum

Untuk bisa menerapkan cara menabung 2 juta dalam sebulan ialah memanfaatkan transportasi publik agar tidak mengeluarkan uang parkir atau bensin sendiri. Sisa uang bisa digunakan untuk menabung, selama biaya transportasi umum lebih murah daripada membawa kendaraan pribadi.

6. Mengikuti Asuransi Kesehatan

Menabung 2 juta dalam sebulan bisa juga dilakukan jika mengikuti asuransi kesehatan. Ketika sakit, biaya perawatan bisa ditanggung asuransi sehingga uangnya bisa untuk ditabung. Terlebih biaya perawatan di rumah sakit tidaklah sedikit.

7. Pertimbangkan Tempat yang Memberikan Diskon

Meski harus mengencangkan ikat pinggang demi masa depan, Anda tetap bisa bersenang-senang dengan rajin mencari informasi tentang tempat yang banyak memberikan diskon agar tidak boros. Anda bisa membuat rencana tempat yang akan dikunjungi dari jauh-jauh hari.

Rekomendasi Tempat Menabung yang Aman

Tidak hanya cara menabung 2 juta dalam sebulan, ada 4 pilihan menabung yang aman dan perlu Anda ketahui. Melansir sari bankraya.co.id, berikut 4 pilihan tempat menabung yang aman, di antaranya:

1. Menabung di Rekening

Menabung di rekening jadi rekomendasi tempat yang aman pertama dan tidak perlu diragukan. Soalnya uang yang disimpan di dalam rekening sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin simpanan. Selain itu, sudah banyak fasilitas yang disediakan untuk bisa mengakses tabungan seperti dompet digital dan mobile banking.

2. Reksa Dana

Reksa dana turut menjadi tempat penyimpanan dana yang aman dan bisa jadi sarana investasi menjanjikan. Reksa Dana adalah sebuah wadah yang menghimpun Dana dari sejumlah pemodal dan dikelola oleh manajer investasi berizin dan terpercaya untuk bisa memperoleh keuntungan.

3. Deposito

Selain rekening dan reksadana, deposito bisa jadi pilihan yang tepat untuk investasi. Berbeda dengan rekening biasa, reksa dana tidak bisa diambil kapan saja karena pengambilan dana deposito hanya bisa dilakukan ketika jangka waktu sesuai dengan kesepakatan. Ada 4 jangka yang bisa dipilih 1, 3, 6 dan 12 bulan.

4. Saham

Saham adalah bukti kepemilikan nilai dari sebuah perusahaan atas sejumlah modal yang kita setorkan. Banyak orang yang menjadikan saham sebagai tempat menabung yang aman dan cukup diminati karena potensi keuntungannya cukup besar.

Dengan menerapkan cara menabung 2 juta dalam sebulan maka uang yang diperoleh dalam satu tahun bisa mencapai Rp 24 juta. Jika Anda rutin dan konsisten melakukannya, jumlahnya bisa semakin besar dan dapat digunakan untuk membeli kendaraan, menikah atau membayar uang muka (down payment/DP) rumah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait