7 Cara Menabung 2 Juta dalam Sebulan agar Masa Depan Terjamin

Anggi Mardiana
15 November 2022, 09:48
cara menabung 2 juta dalam sebulan
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Cara menabung 2 juta dalam sebulan tetap bisa dilakukan meskipun gaji tidak terlalu besar. Yang terpenting konsisten saat melakukannya agar target cepat tercapai. 7 cara menabung ini akan membantu bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan.

Membiasakan menabung tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, pelajar tetapi orang dewasa pun harus melakukannya. Kebiasaan menabung yang ditanam sejak kecil atau muda akan menghasilkan kondisi finansial yang lebih baik.

Tiga Alasan Mengapa Seseorang Harus Menabung

Sebelum membahas seputar cara menabung 2 juta dalam sebulan, ada 3 alasan mengapa harus menabung yang kami lansir dari moneyhelper.org.uk, berikut di antaranya:

  • Mengantisipasi pengeluaran tidak terduga atau keadaan darurat sehingga tidak perlu khawatir soal pembayaran.
  • Membeli kendaraan yang harganya tidak murah maka perlu menabung beberapa tahun.
  • Agar bisa hidup nyaman di masa depan sehingga tidak perlu khawatir kekurangan karena sudah disiapkan dari sekarang.

Cara Menabung 2 Juta Dalam Sebulan

Membentuk kebiasaan menabung secara konsisten dan disiplin memang bukan hal yang gampang, tapi bukan mustahil untuk dilakukan. Berikut cara menabung 2 juta dalam sebulan:

1. Buat Frekuensi Menabung yang Realistis

Agar bisa menabung 2 juta dalam satu bulan, Anda bisa membuat frekuensi tabungan dengan realistis. Misalnya membaginya kembali menjadi harian. Kurang lebih Anda bisa menabung Rp 70.000 dalam satu hari dan besarnya penghasilan diusahakan 2 kali lipat atau lebih dari ini.

2. Membuat Alokasi Penghasilan

Cara menabung 2 juta dalam sebulan selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat alokasi penghasilan terlebih dahulu. Misalnya dengan gaji 10 juta, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk pengeluaran pribadi dan 20% untuk tabungan. Namun jika gaji 4 juta, Anda bisa mengalokasikan 50% untuk tabungan.

3. Buat Rincian Pengeluaran

Untuk bisa menabung 2 juta dalam sebulan, sebaiknya buat rincian pengeluaran terlebih dahulu agar tidak terkesan memaksakan. Terlebih saat 50% gaji ditabung, pastikan kebutuhan primer terpenuhi dan bisa mengurangi kebutuhan yang tidak penting.

4. Kurangi Pergi ke Luar Rumah

Hal lain yang tidak kalah penting, adalah mengurangi berpergian ke luar rumah bersama teman atau saudara. Sebab jika dilakukan terlalu sering akan terus mengeluarkan uang dan tujuan menabung sulit tercapai. Jika sesekali untuk menghilangkan stress boleh saja tapi tetap sisihkan untuk tabungan.

5. Menggunakan Transportasi Umum

Untuk bisa menerapkan cara menabung 2 juta dalam sebulan ialah memanfaatkan transportasi publik agar tidak mengeluarkan uang parkir atau bensin sendiri. Sisa uang bisa digunakan untuk menabung, selama biaya transportasi umum lebih murah daripada membawa kendaraan pribadi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...