Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun dengan Strategi Saving Challenge

Anggi Mardiana
16 November 2022, 18:59
Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Cara menabung 20 juta dalam 1 tahun tetap bisa dilakukan meski gaji masih pas-pasan. Apa pun tujuan finansialnya, menabung harus dibiasakan agar kondisi finansial tetap stabil. Kunci dari menabung ialah menekan biaya pengeluaran lebih banyak sehingga bisa mengumpulkan uang sesuai tujuan.

Menabung bisa dilakukan secara konsisten jika Anda mampu mengubah kebiasaan dan pola pikir dalam mengelola keuangan. Anda dituntut untuk selektif dalam memilah mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan keinginan.

Advertisement

Strategi Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

Sebelum membahas cara menabung 20 juta dalam 1 tahun secara umum, ada cara khusus yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi saving challenge secara harian, mingguan atau bulanan. Berikut ini, cara penggunaan strategi saving challenge.

1. Menabung Harian

Strategi pertama bisa dilakukan secara harian yaitu dengan menyimpan uang rutin Rp 55.000 setiap harinya. Jumlah ini didapat dari Rp 20.000.000 dibagi 365 hari sehingga dihasilkan Rp 55.000 per harinya.

2. Menabung Mingguan

Strategi menabung Rp 20 juta dalam 1 tahun mingguan bisa dilakukan dengan menentukan jumlah uang yang harus ditabung setiap minggunya. Anda bisa membuat tabel khusus yang berisi nominal uang lalu diberi warna setelah dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Menyiapkan alat tulis dan kertas.
  • Membuat 52 kotak kecil lalu setiap kotak diisi dengan nominal yang harus ditabung.
  • Cantumkan jumlah nominal yang harus ditabung mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 1.000.000. Yang terpenting jika diakumulasikan jumlahnya mencapai Rp 20.000.000.
  • Catat nominal terkecil di minggu harus mengeluarkan uang lebih banyak. Sedangkan jumlah terbesar bisa dimasukan ke minggu-minggu mendapatkan bonus, gaji dan pemasukan tambahan.
  • Jika sudah mencatat nominalnya, silahkan hitung kembali apakah jumlah uang yang tertera di semua kotak itu sudah mencapai Rp 20 juta atau belum.

3. Menabung Bulanan

Untuk bisa mendapatkan uang Rp 20 juta dalam satu tahun juga bisa dilakukan dengan cara menabung bulanan. Total uang yang harus disisihkan setiap bulannya ialah Rp 1.670.000, didapat dari Rp 20.000.000 dibagi dengan 12 bulan.

Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun

Agar menabung 20 juta dalam satu tahun bisa tercapai dengan realistis. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba, kami lansir dari finansialku.com:

1. Mengurangi Pengeluaran Konsumtif

Untuk mencapai tabungan 20 juta dalam 1 tahun maka wajib bagi Anda untuk menekan pengeluaran konsumtif. Mulailah menerapkan frugal living yaitu membeli sejumlah barang sesuai kebutuhan sehari-hari yang terbilang murah atau dengan potongan harga.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement