7 Tips Menabung 1 Juta per Bulan dan Langkah Mudah Memulainya

Anggi Mardiana
15 November 2022, 12:07
Menabung 1 Juta per Bulan
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Menabung dikenal sebagai investasi jangka pendek untuk persiapan dana darurat yang berguna saat dihadapkan dalam situasi tidak terduga. Selain itu, menabung jadi cara tepat untuk bisa mengatur penghasilan secara bijak.

Menabung merupakan aktivitas yang penting dilakukan untuk menyisihkan cadangan jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tabungan juga dapat digunakan untuk membeli keperluan tertentu atau disimpan sebagai dana darurat. Sebaliknya, jika seseorang tidak menabung, maka berpotensi memiliki kebiasaan boros dan terlilit utang.

Untuk mulai memiliki tabungan, Anda harus lebih tegas terhadap sendiri. Berikut 5 langkah memulai menabung, dilansir dari iciciprulife.

  • Memperkirakan sumber dan jumlah pendapatan saat ini.
  • Menyisihkan dana untuk keperluan rutin harian dan pengeluaran lain yang sekiranya diperlukan.
  • Telah mengalokasikan dana untuk jalan-jalan, belanja dan kegiatan lainnya.
  • Menandai sisa penghasilan untuk tabungan bulanan.
  • Menetapkan anggaran yang tepat untuk diri sendiri.

Setelah melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan, Anda bisa memulai menabung untuk mempersiapkan masa depan. Nominal yang disisihkan, tentunya harus disesuaikan dengan penghasilan, serta mempertimbangkan kebutuhan operasional harian.

Untuk memudahkan, Anda bisa mengambil nominal Rp 1 juta sebagai nominal moderat untuk dipertimbangkan masuk dalam tabungan. Ulasan berikut ini, adalah tips mengenai cara menabung 1 juta per bulan yang bisa Anda gunakan sebagai panduan.

Tips Menabung 1 Juta per Bulan

Menabung dengan besaran atau nominal Rp 1 juta per bulan dapat dipertimbangkan agar bisa menyisihkan uang, meski gaji kecil. Untuk itu, usahakan menghindari gaya hidup konsumtif agar tidak kesulitan menabung di tengah tingginya harga barang kebutuhan.

Dengan menggunakan tips menabung 1 juta dalam satu bulan, target akan lebih mudah tercapai daripada tidak mempersiapkannya sama sekali. Berikut 7 tips menabung 1 juta per bulan, dilansir dari ruangmom.com.

1. Menyisihkan Uang Mingguan

Bagi ibu rumah tangga atau pekerja, bisa menyisihkan uang mingguan. Misalnya, jika satu bulan dibagi empat minggu maka bisa menyisihkan Rp 250.000 setiap minggunya. Untuk bisa melakukannya, saat mendapat uang bisa langsung dibagi jadi beberapa pos.

2. Memulai Investasi Saham

Investasi saham dipercaya bisa menghasilkan dividen lebih besar daripada hanya menabung saja. Dengan begitu, target menabung 1 juta per bulan bisa segera tercapai. Namun untuk bisa menghasilkan uang dari investasi saham perlu mempelajari beberapa tekniknya terlebih dahulu.

3. Memiliki Bisnis Sendiri

Memiliki bisnis sendiri di rumah bisa jadi tips menabung 1 juta per bulan yang cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Pekerjaan ini bisa Anda lakukan sambil mengurus rumah tangga dan anak kecil. Beberapa ide bisnis yang bisa dicoba seperti menjual paket data, makanan atau menjual baju.

4. Selektif Memilih Diskon

Tips menabung 1 juta per bulan selanjutnya ialah selektif dalam memilih diskon atau promo. Diskon terkadang menggoda sehingga sulit menahan diri untuk membelinya meski tidak perlu. Yang perlu digaris bawahi di sini, pastikan produk diskon yang akan dibeli memang dibutuhkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...