Cara Menanam Bunga Lavender yang Benar agar Tumbuh Cantik dan Subur

Anggi Mardiana
23 November 2022, 19:16
Cara Menanam Bunga Lavender
Freepik
Ilustrasi, bunga lavender.

Cara menanam bunga lavender tidak terlalu sulit. Perlu diketahui bunga lavender merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Bunga ini memiliki warna ungu yang cantik dengan aroma harum sehingga sering dibudidayakan untuk menghiasi halaman rumah.

Tidak hanya cantik, manfaat bunga lavender cukup dirasakan untuk kesehatan. Selain itu, bunga lavender kerap digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, sampo, obat dan essential oil untuk meredakan beragam gejala penyakit.

Advertisement

Ciri-ciri Bunga Lavender

Sebelum membahas cara menanam bunga lavender, ada sejumlah ciri bunga lavender yang membedakan dengan jenis tumbuhan hias lainnya. Mulai dari batangnya yang berbentuk bulat dan lonjong serta ukuran diameternya 3-4 mm.

Ciri lainnya, bunga lavender bisa tumbuh hingga 80 cm. Batangnya bisa tumbuh tegak dan memiliki cabang yang menjadi tempat melekatnya daun. Daunnya berbentuk oval dan lonjong serta di bagian ujungnya tampak runcing.

Bagian tepi daun memiliki tekstur gerigi dan bagian permukaan daun lavender cukup halus. Daun lavender ada yang berwarna hijau muda dan hijau tua. Adapun bagian bawahnya berwarna keputihan.

Bunga lavender ditopang oleh akar tunggang berserat dengan panjang 2 meter dan bisa tumbuh menjalar ke tanah. Akarnya berwarna putih kotor hingga kecokelatan dan masih bisa tumbuh panjang.

Bunga lavender memiliki keunikan dari bunganya yang disusun oleh 6-10 kuntum bentuk spiral. Bunganya melekat di percabangan batang. Warnanya juga cukup beragam, selain ungu ada warna biru, hitam, kuning, ungu dan merah muda.

Cara Menanam Bunga Lavender

Proses menanam bunga lavender meliputi beberapa langkah, mulai dari memilih bibit, menyiapkan media tanam hingga perawatan. Berikut penjelasannya kami lansir dari m.floweradvisor.co.id:

1. Memilih Bibit atau Benih

Dalam tahapan cara menanam bunga lavender, pilih bibit atau benih yang berkualitas. Jika sudah, pastikan benih tersebut tumbuh dengan optimal dan mendapatkan sinar matahari serta air yang cukup. Adapun, berikut tips menentukan bibit lavender yang berkualitas:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement